Drs H Acmad Msi
Drs H Acmad Msi

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi menegaskan bahwa setiap Lembaga Kerapan Adat (LKA) yang ada di Kabupaten Rokan Hulu harus memiliki moto atau semboyan. Hal itu untuk menunjukkan jati diri serta memotifasi semangat adat.

Hal ini tersebut ditegaskan Bupati di agenda pembukaan rapat kerja LKA Kecamatan, Rabu (22/1/14) bertempat di kantor Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR). Dijelaskan Bupati moto tersebut merupakan semboyan dalam penegasan keadatan dan pemersatu adat yang di tegaskan dalam sebuah moto.

Sehingga dengan moto itu saja, maka masyarakat akan dapat mengerti tujuan dan keinginan adat di daerahnya. Dengan bersatunya masyarakat sehingga keadatan akan terus maju sehingga tidak akan pernah dilupakan.

Bupati Achmad yang menyandang gelar ‘Datuk Setia Amanah Malin Nugori’ tersebut juga menghimbau kepada para datuk-datuk adat, agar dapat mengikuti rapat kerja LAMR ini dengan baik sehingga hasilnya nanti dapat dijadikan pedoman program kerja untuk lam kedepannya.

Sementara itu ketua LAMR Rokan Hulu, H.T. Rafli Armen,s.sos mengatakan LAMR Rohul segera membuat beberapa program diantaranya, Peraturan Daerah tentang tanah ulayat, dan juga membuat buku cara dan cakap adat perkawinan yang akan dibuat untuk setiap adat yang ada disetiap luhak.

“Kita berharap, Pemerintah dapat memberikan bantuan agar program yang akan dikembangkan ini berjalan dengan sempurna dan baik. Sehingga setiap kegiatan dan peraturan dalam keadatan di Rohul bisa didokumenkan dengan baik,” katanya.***(r4n/adv)