Puluhan oplet demo
Puluhan oplet demo

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Para sopir oplet di Kota Pekanbaru, menolak penambahan tempat perhentian (halte) Bus Trans Metro milik pemerintah daerah, karena mereka anggap merugikan sopir dan pengusaha angkutan umum swasta.

Aksi protes itu mereka sampaikan dengan melakukan aksi demontrasi ke Kantor Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Kamis (23/1/2014).

“Dengan penambahan halte ini, pencarian kami bisa terus berkurang. Karena masyarakat tidak lagi mau naik oplet,” kata Alimran Tanjung, koordinator aksi kepada wartawan.

Mereka mendesak agar Dinas Perhubungan membatalkan niat untuk penambahan halte di sejumlah lokasi tengah kota khususnya di sekitar operasi oplet jurusan Sail-Kulim, Pekanbaru.

“Kehadiran Trans Metro saja sudah cukup menyulitkan kami dalam mencari penumpang. Jangan ditambah lagi dengan penambahan halte di setiap keramaian pusat kota karena itu akan juga mengurangi rezeki kami,” katanya.

Aksi massa tersebut berjalan dengan tanpa kerusuhan dan bubar setelah mendapat penjelasan langsung dari kepala dinas terkait.

“Kami coba untuk evaluasi perkembangan atau penambahan halte itu nanti,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Dedi Gusriadi.

Walau demikian, kata dia, pihak pengelola angkutan umum swasta diharapkan dapat bekerja sama dengan menaati semua aturan lalu lintas.***

Sumber : antara