sw1Duri (SegmenNews.com)- Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bengkalis, H Arianto berharap, pencetakan 50 hektare sawah baru di Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Mandau tahun 2013 lalu mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Harapan tersebut dikatakan Arianto saat meninjau komplek persawahan di Desa Kesumbo Ampai Sabtu (25/1/2014). “Harapan kita, pencetakan sawah baru yang didanai APBN ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kelolalah lahan persawahan ini dengan sebaik mungkin, jangan sampai lahannya dialihfungsikan pula,” pesannya.

Dalam peninjauan singkat bersama Anita (Kades Kesumbo Ampai) dan Iswadi (Kasi Teknologi Mekanisasi Distanak Bengkalis), Arianto menyaksikan dari dekat hamparan sawah nan menghijau.

Meski sawah ini baru saja dibuka, menurut Iswadi, pertumbuhan bibit padi varietas unggul lokal yang ditanam petani menggembirakan hati.

Selaku Kades, Anita pun tampak senang menyaksikan warganya rajin turun ke sawah. “Ada 100 KK warga yang dapat lahan persawahan ini. Masing-masing KK mengusahakan lahan sawah seluas setengah hektare. Sudah ada petani yang panen. Kita berharap ini mampu menambah pendapatan mereka,” katanya.

Sementara itu, Kasi Teknologi Mekanisasi Distanak Bengkalis, Iswadi mengaku pencetakan sawah baru ini menelan dana Rp10 juta per hektare. Sebanyak 75 persen dana digunakan untuk pencetakan fisik sawah dan 25 persen lagi untuk pengadaan Saprodi berupa bibit, pupuk, dan insektisidanya. ***(yud)