Pelatih Manchester United, David Moyes, dengan Wayne Rooney (REUTERS/Phil Noble)
Pelatih Manchester United, David Moyes, dengan Wayne Rooney (REUTERS/Phil Noble)

Segmen News- Juan Mata akhirnya resmi menjadi pemain baru Manchester United. Dana sebesar £37,1 juta atau setara Rp744,02 miliar dikeluarkan MU untuk memboyongnya dari Chelsea. Pemain 25 tahun ini telah menandatangani kontrak berdurasi 3,5 tahun.
Mata memecahkan rekor transfer MU. Pemain asal Spanyol ini mematahkan rekor transfer sebelumnya yang dipegang Dimitar Berbatov pada 2008. Saat itu, Setan Merah mengeluarkan dana £30,7 juta untuk memboyong Berbatov dari Tottenham Hotspur.

Keberhasilan berkostum United disyukuri oleh Mata, sebab dia merasa Setan Merah akan menjadi klub yang paling tepat untuk melanjutkan karier. Mata juga mengaku tak pernah melupakan masa-masa indah saat berseragam The Blues.

“Saya senang dapat bergabung dengan Man United. Saya menikmati waktu indah bersama Chelsea, tapi waktu berlalu dan datang tantangan baru. Man United tempat sempurna bagi saya, dan saya senang menjadi bagian berikutnya dalam sejarah klub,” kata Mata, seperti dilansir Mirror.

“Jujur, ini (pindah ke MU) begitu mengejutkan. Namun, saya perlu benar-benar berterima kasih kepada Chelsea, pemilik, dan semua orang di klub dan fans – mereka memilih saya sebagai pemain terbaik dalam dua musim terakhir, dan saya selalu berterima kasih,” tambahnya.

Mata harus hijrah dari Stamford Bridge, karena jarang diturunkan sejak Chelsea dilatih Jose Mourinho. Mourinho lebih sering percaya kepada Eden Hazard, Oscar, atau Willian, dan menempatkan Mata di bangku cadangan. Padahal, sebelum kedatangan Mourinho, Mata merupakan salah satu pemain terbaik The Blues.

Ternyata bergabungnya Mata ke MU meninggalkan efek bagi Wayne Rooney. Selama ini, Rooney memang sering bermain di belakang striker utama. Posisi tersebut juga biasa ditempati oleh Mata. Ini menimbulkan spekulasi Rooney segera meninggalkan MU.

Bukan rahasia lagi jika manajer Chelsea, Jose Mourinho, sangat mengidamkan sosok Rooney. Sudah lama The Special One menginginkan kehadiran pemain internasional Inggris itu di Stamford Bridge.
Kini, spekulasi kembali mencuat seiring bergabungnya Mata ke Old Trafford. Rooney pun semakin santer dikabarkan bakal jadi alat barter dua klub elite Premier League tersebut.

“Yang terpenting bagi kami saat ini adalah perspektif masa depan dan melakukan hal yang benar. Saat membeli striker, kami melakukan sesuatu yang benar. Dan yang benar itu tentu saja bukan saat ini,” seperti dikutip Daily Mail.

Mourinho kemudian mengutarakan kemungkinan merekrut striker baru pada bursa transfer musim panas, pertengahan tahun mendatang. “Prosesnya akan lebih mudah, lebih banyak waktu, pemain dan kesempatan juga lebih banyak,” katanya.

Masalah Kontrak Rooney Belum Beres
Tanda-tanda Rooney akan meninggalkan Old Trafford terlihat setelah masalah pembahasan kontrak barunya tak menemui titik temu. Seperti dilansir Daily Mail, pembicaraan antara agen Rooney, Paul Stretford, dan Chief Executive MU, Ed Woodward, sudah berlangsung selama 18 bulan. Hingga saat ini, kedua belah

pihak belum mencapai kesepakatan.Dalam beberapa hari terakhir, Stretford kerap terlihat di tempat latihan MU di Carrington. Setelah datang pada Rabu 22 Januari 2014, dia kembali menemui Woodward pada Kamis pagi waktu setempat.

Situasi ini membuat MU berupaya keras untuk mempertahankan Rooney. Terlebih, bukan hanya Chelsea yang menunjukkan minat. Mantan manajer Chelsea yang saat ini membesut Real Madrid, Carlo Ancelotti, sempat mengutarakan keinginan merekrut Rooney.

Manajer MU, David Moyes meminta manajemen MU untuk menawarkan kontrak jangka panjang kepada Rooney. Tak ketinggalan nominal gaji sebesar 300 ribu pounds (setara Rp6 miliar) per pekan. Itu jauh di atas gaji saat ini, yakni sebesar 82 ribu pounds per pekan.

Namun, menurut spekulasi yang berkembang, Moyes sempat bimbang untuk mempertahankan Rooney. Harga transfer 75 juta pounds (setara Rp1,5 triliun) lantas disebut-sebut sebagai nilai yang pantas untuk pemain 28 tahun ini.

Menarik disimak bagaimana masa depan Rooney bersama MU. Apakah kehadiran Mata benar-benar akan membuatnya pergi? Atau Rooney akan tetap bertahan?.***

sumber:viva