Kemenag Rohul Puji Gemuis LDII Pelajari Sunan Ibn Majah
Kemenag Rohul Puji Gemuis LDII Pelajari Sunan Ibn Majah

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, memberikan pujian, sanjungan, dan apresiasi yang sangat tinggi, kepada generasi muda islam (Gemuis) Lembaga Dakwah Islamiyah Indonesia (LDII) Kab Rohul, yang mempelajari secara khusus kitab hadits terkenal “Sunan Ibn Majah”, selama 10 hari, mulai 24 januari hingga 2 Februari 2014, bertempat di Masjid Baitul Atieq, Ujung batu.

Acara yang diikuti sebanyak 80 orang tersebut, terdiri dari generasi muda islam LDII Kab Rohul, yang terdiri dari unsure muballigh, ustazh, guru agama, guru madrasah, pengurus masjid, Imam masjid, guru MDTA, tokoh pemuda, pengurus LDII Tingkat Kabupaten dan Tingkat Kecamatan se Rohul.

Ahmad Supardi Hasibuan menyatakan, bahwa salah satu kelemahan para tokoh agama sekarang adalah rendahnya penguasaan atas kitab-kitab lama yang menjadi rujukan utama umat Islam, seperti kitab hadits Sunan Ibn Majah ini, padahal kitab ini adalah salah satu sumber utama ajaran agama Islam, khususnya hadits-hadits Rasulullah SAW.

Dikatakannya, kitab hadits seperti Sunan Ibn Majah, Sohih Bukhari, Sohih Muslim, Sunan Tirmizi, Sunan Abu Daud, Sunan An-Nasa’i, Al-Muwaththa’ adalah kitab-kitab hadits utama yang menjadi rujukan utama dalam agama Islam. Sayangnya kitab-kitab ini banyak ditinggalkan oleh umat Islam, tegas Ahmad Supardi.

Menurutnya, pihak Kemenag Rohul berterima kasih kepada LDII Rohul, yang telah mempelopori pengkajian kitab-kitab hadits terkenal ini, sehingga isinya dapat dipahami oleh umat Islam, khbususnya para tokoh-tokoh agamanya. Pihaknya berharap agar kegiatan semacam ini dapat dicontoh oleh umat Islam dan oramas islam lainnya.

Terkait dengan adanya tuduhan bahwa ormas LDII adalah aliran sesat, Ahmad Supardi menyatakan, bahwa sudah menjadi tugas pengurus dan anggota LDII membuktikan dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka bukanlah aliran sesat, sebab kitab rujukan mereka sama dengan kitab rujukan umat Islam lainnya.

Kakan Kemenag Rohul ini juga menyatakan bahwa pihaknya telah menerbitkan rekomendasi bahwa LDII Rohul adalah salah satu ormas Islam yang hidup dan berkembang di Rohul. Hal ini menunjukkan bahwa Kemanag Rohul telah mengakui secara yuridis formal tentang keberadaan ormas LDII ini. ***(r4n/rls)