Tersangka pembobol ATM, Dedi Silalahi (37) menjalani pemeriksaan Polisi Siak
Tersangka pembobol ATM, Dedi Silalahi (37) menjalani pemeriksaan Polisi Siak

Siak (SegmenNews.com)– Kepolisian resort Kabupaten Siak berhasil menggagalkan pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Mandiri di sekitar komplek PT CPI, Minas, Siak. Tersangka, Dedi Silalahi (37) warga Siantar Sumatra Utara (Sumut) diamankan.

Kapolres Siak AKBP Dedy Rahman Dayan melalui Kasat Reskrim AKP Hary Budiyanto, Selasa (28/1/14) membenarkan adanya penangkapan tersangka Dedi. Tersangka pembobol ATM tersebut ditangkap saat akan melakukan pembobol ATM dengan modus memperdaya nasabah bank, Sabtu (25/1/14) sekitar pukul 14:30 Wib.

Tersangka yang merupakan mantan pembuat mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di PT Meconel (MC) Dowell Batam 3 tahun lalu itu menyetel beberapa tombol mesin ATM, sehingga ATM Nasabah tersangkut. Tersangka juga membuat nomor telepon yang bisa dihubungi.

Korbanpun menghubungi nomor tersebut, ternyata tersangka juga mengaku sebagai karyawan bank dan meminta korban memberitahukan pin kartu ATMnya. Dan meminta korbannya atau nasabah untuk meninggalkan lokasi dan mengatakan bahwa katu ATM korban sudah di blokir.

Namun, pihak security yang curiga melaporkan kejadian itu ke polisi. Alhasil tersangka Dedi berhasil diringkus berikut barang bukti. Dari pengembangan kepolisian, tersangka juga telah melakukan aksinya di Kota Duri, Kabupaten Bengkalis terhadap dua koraban yakni, Serli Mariyanti dan Yoji Rahmi Pratiwi.

“Setelah dilakukan proses penyelidikan, ternyata tersangka sudah melakukan aksinya di daerah Duri, Bengkalis. Dan menurut pengakuan tersangka, bahwa target utamanya adalah di daerah Pekanbaru,” terang Kasat Reskrim Polres Siak menjawab SegmenNews.com.

Tersangka juga mengaku telah beraksi sejak 2002-2007 lalu. dan pernah tertangkap dan di penjara 18 bulan di Dumai.

“Kita akan melimpahkan tersangka ke Polres Bengkalis, sebab dua korbannya berada diwilayah hukum Bengkalis,” jelas Kasat Reskrim.***(rinto)