Kemenag dan STAI Rohul menandatangani MoU
Kemenag dan STAI Rohul menandatangani MoU

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, bersama Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian Drs H Hasbi Abduh MA, tanda tangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang pengembangan Madrasah dan STAI Tuanku Tambusai, Senin (27/1/2014) bertempat di Kantor Kemenag Rohul, Pasir Pengaraian.

Ahmad Supardi Hasibuan menyatakan, bahwa penandatangan MoU ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama antara Kemenag Rohul dengan STAI Tuanku Tambusai, dalam hal peningkatan kualitas madrasah dan pondok pesantren, serta menjadikan Madrasah dan Pondok Pesantren sebagai objek sasaran Perakter Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa STAI.

Selain itu, memberikan dorongan dan motivasi kepada lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren untuk melanjutkan pendidikannya ke STAI Tuanku Tambusai, sebab kualaitas pendidikan di STAI ini juga sudah dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya yang ada di Pekanbaru.

Ditambahkannya, satu hal yang lebih penting lagi adalah menjadikan madrasah dan pondok pesantren sebagai lapangan kerja pengabdian bagi sarjana-sarajana STAI, khususnya menjadi guru dan tenaga edukatif yang handal dan professional, sehingga terjadi proses saling menguntungkan.

Drs H Hasbi Abduh MA menyatakan, bahwa penandatangan MoU ini adalah langkah strategis formal untuk meningkatkan kualitas dari STAI Tuanku Tambusai, sebab dengan adanya MoU ini maka pihak Kemenag Rohul akan ikut memikirkan masa depan dan sekaligus membesarkan STAI Tuanku Tambusai, Pasir Pengaraian.

Dikatakannya, saat ini STAI Tuanku Tambusai telah menamatkan mahasiswa lebih dari 500 orang, dan semua sarjana tersebut mengabdikan dirinya di Rohul dan bahkan di luar Rohul, baik dalam bidang pendidikan madrasah, pendidikan sekolah, pengusaha, muballigh, dan profesi lainnya.

Ahmad Supardi juga menyatakan, selama ini hubungan Kemenag Rohul dengan STAI Tuanku Tambusai cukup bagus, sebab inikan sama-sama orang Kementerian Agama. Hanya saja, dengan adanya MoU ini hubungan saling mengisi akan semakin erat dan semakin bersinergi. khususnya dalam hal peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan.***(r4n/rls)