surya dharma aliSegmenNews.com – Kementerian Agama mencoret atau blacklist 40 pemondokan yang digunakan pada musim haji 2013. Ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan jamaah saat melakukan proses ibadah haji.

“Kita blacklist 40 pemondokan dan tidak akan digunakan dalam musim haji mendatang,” kata Menteri Agama Suryadharma Ali, Rabu (29/1/2014).

Pemondokan tersebut, lanjut Suryadharma, dinilai rumah layak huni. “Kalau bahasa Menpera, pemondokan itu rumah tidak layak huni,” paparnya.

Atas pencoretan pemondokan tersebut, Kementrian Agama akan mencari penggantinya. “Ini untuk meningkatkan kepuasan jamaah saat musim haji tahun mendatang,” tandasnya.

Menanggapi survei Indeks Kepuasan Jamaah yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa pelayanan ibadah menurun, pria yang kerap disapa SDA itu tidak memungkiri jika terjadi hal tersebut.

“Atas hal itu, kualitas ibadah jamaah harus ditingkatkan. Kemabruran itu menjadi titik tekan yang akan dilakukan oleh Komite Pengawasan Indonesia oleh tim amirul haj dan juga beberapa ulama. Manasik haji telah ditingkatkan baik kuantiti dan kuantitasnya, tetapi masih ditemukan jamaah yang belum menguasai manasik haji. Ini akan menjadi perhatian bersama,” tandasnya. (kem)

Sumber : okezone