Sekda, Drs. H. T. Mukhlis, M.Si meneken berita acara pelantikan dirinya.
Sekda, Drs. H. T. Mukhlis, M.Si meneken berita acara pelantikan dirinya.

Pelalawan (SegmenNews.com)- Bupati Pelalawan, H.M. Harris resmi melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Pelalawan, Drs. H. T. Mukhlis, M.Si yang sebelumnya dijabat oleh Drs. Zardewan, MM, Rabu (15/01/14) bertempat di Gedung Datuk Laksemana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci.

Acara pelantikan yang dihadiri seluruh Kepala Satker di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan dan para tamu undangan tersebut berlangsung khidmat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan sesuai dengan ketentuan bahwa sekretaris Daerah diangkat dan diberhentikan oleh Gubernur setelah mendapat persetujuan Menteri Dalam Negeri atas usulan Bupati. Pengusulan Sekretaris Daerah tersebut telah mengalami beberapa tahapan atau proses, baik ditingkat Kabupaten maupun ditingkat Provinsi.

Di tingkat Kabupaten tahapan-tahapan tersebut antara lain melalui penilaian moralitas, profesionalisme dan pengembangan karir,sedangkan di tingkat Provinsi melalui penilaian persyaratan administrasi, penilaian wawasan kebangsaan dan penilaian rencana strategis.

Bupati Pelalawan juga menyampaikan 5 (lima) kategori penilaian bagi unit kerja untuk dapat dinilai berhasil apabila mampu melaksanakan tanggung jawabnya yang meliputi:

1. Mampu melaksanakan misi, tugas pokok, fungsi dan kewenangannya dengan sebaik-baiknya,

2. Mampu selalu meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan publik,

3. Mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan dana, SDM, peralatan dan kelengkapan kerja serta berbagai sumber daya lainnya,

4. Berhasil membangun budaya malu dan bersih, sehingga tercegah tindak KKN di lingkungan

kerjanya,

5. Mengembangkan budaya kompetitif dari kompetensi yang dipunyai seperti kreativitas, produktivitas tinggi, profesionalisme yang matang disertai peningkatan daya saing individual.

Sementara itu, Sekda, Drs. H. T. Mukhlis, M.Si memaparkan riwayat hidup serta riwayat pekerjaannya hingga pada hari itu beliau dilantik sebagai Sekda. Beliau mengungkapkan rasa terimakasihnya pada Bupati Pelalawan atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya untuk menjadi Sekdakab Pelalawan.

“Jabatan sebagai Sekda ini membuat saya khawatir, apakah saya dapat mengembannya dengan baik atau tidak, untuk itu saya mohon bimbingan dari atasan, yaitu Bupati, juga bimbingan dari senior-senior serta rekan-rekan kerja sesama PNS, maupun dari tokoh-tokoh masyarakat, agar dapat menyamakan persepsi untuk menjalankan kewajiban saya sebagai Sekda dalam membangun negeri ini,” papar Mukhlis.***(fin/adv)