Wakil Bupati Pelalawan Marwan Ibrahim memberikan selamat kepada Sekda usai dilantik.
Wakil Bupati Pelalawan Marwan Ibrahim memberikan selamat kepada Sekda usai dilantik.

Pelalawan (SegmenNews.com)- Setelah acara resmi pelantikan Sekda Pelalawan, Drs. H. T. Mukhlis, M.Si menggantikan Drs. H. Zardewan,MM, dilakukan oleh Bupati H.M. Harris, Rabu (15/1/14) pagi, dimalam harinya dilanjutkan dengan acara pisah sambut kedua pejabat Pelalawan.

Pisah sambut yang dilaksanakan juga di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja cukup meriah dan penuh keakraban yang dihadiri oleh pejabat dan para istri Legislatif dan birokrasi serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Sekda, T Mukhlis menyampaikan terima kasihnya atas amanah dan kepercayaan yang telah diberikan pada dirinya menjadi. Diakuinya, bahwa sebagai PNS karir jauh lebih besar adalah kekhawatirannya apakah dirinya mampu mengemban  amanah ini.

“Saya terpilih menjadi Sekda bukan karena saya yang terbaik diantara yang lainnya, tapi saya hanya bernasib baik,” tegasnya merendah.

Karena itu, lanjutnya, dirinya mengharapkan untuk dapat dibina menjadi lebih baik. Dan pada senior-senior serta rekan-rekan sesama PNS, Sekda mengajak untuk bersama-sama membangun daerah ini.

“Saya berharap para tokoh masyarakat bisa bersinerji serta membangun komunikasi dan menyamakan persepsi dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada di tengah masyarakat,” ujarnya seraya mengucapkan terimakasih juga pada para senior yang pernah menjadi atasannya atas binaannya selama ini.

Begitu juga untuk rekan-rekan media, lanjutnya, diharapkan dapat bekerjasama dalam tupoksinya masing-masing, yang muaranya adalah kerjasama dalam membangun Kabupaten Pelalawan.

Pria kelahiran Selat Panjang 46 tahun silam ini juga mengisahkan, masa pendidikannya dihabiskan di tanah kelahiran, mulai dari bangku SD sampai SMA ditempuhnya di negeri yang berada tepat di bibir Selat Malaka ini. Sempat menempuh pendidikan di Fakultas Pertanian UNRI selama dua tahun, akhirnya memutuskan masa depannya dengan masuk APDN.

“Setamat APDN, semasa itu alumni APDN tidak diperbolehkan tugas di daerahnya, karena saya dikatakan sebagai orang Bengkalis, maka saya di tempatkan di Kabupaten Kampar, tugas pertama sebagai Sekretaris Camat Kecamatan Langgam yang waktu itu masih bernaung di Kabupaten Kampar sebelum terbentuknya Kabupaten Pelalawan,” tuturnya

T. Mukhlis tercatat sebagai Camat pertama di negeri yang menjadi cikal bakal Kabupaten Pelalawan yang terkenal dengan Istana sayap Kerajaan Pelalawan sebelum.

“Setelah dua tahun di Kecamatan Langgam, saya di percaya sebagai camat Pelalawan yang pertama, disana saya menjadi camat selama enam tahun,” paparnya.

Dilanjutkannya, dari jabatan camat Pelalawan dia diberikan tugas sebagai Kabag Tapem selama 6 tahun, setelah itu sebagai Assisten I selama 1.5 tahun dan selanjutnya sebagai Asisten III selama satu tahun sbelum memangku jabatan Sekda.***(fin/adv)