Drs H Syamsuar Msi
Drs H Syamsuar Msi

Siak (SegmenNews.com)- Kabut asap mulai menyelimuti Kabupaten Siak, walaupun sebagaian besar kabut asap merupakan kiriman tetangga. Bupati tetap memberikan warning kepada masyarakat Siak agar tidak melakukan pembakaran lahan.

“Jangan buka lahan dengan cara membakar,” kata Bupati, Rabu (5/2/14).

Sebab, dengan membakar lahan saat membersihkan lahan akan menyebabkan pencemaran udara, yang saat ini masih ada kabut asap. Ditakutkan akan menyerang kesehatan masyarakat.

Bupati Kabupaten Siak, Riau, Syamsuar, mengimbau masyarakat di daerah itu tidak melakukan pembakaran saat pembersihan lahan untuk perkebunan yang dapat berdampak pada pencemaran udara.

Tahk hanya masyarakat diingatkan, pelaku usaha maupun perusahaan diminta juga stop membakar lahan, dan cintai lingkungan dan kesehatan. Apalagi dimusim kemarau, pihak terkait juga harus lebih waspada, jangan sampai terjadi pembakaran lahan maupun tanpa sengaja yang tentunya akan merugikan orang banyak.

Kasus pembakaran lahan yang mengakibatkan gangguan kesehatan juga pernah terjadi di tahun lalu. Untuk itu, Bupati tak bosan-bosan mengingatkan masyarakat maupun perusahaan agar meningkatkan kesadara dan pengetahuan bahaya pembakaran lahan.***(adv/rinto)