Salah satu ruas jalan rusak di Kabupaten Siak
Salah satu ruas jalan rusak di Kabupaten Siak

Siak (SegmenNews.com)– Untuk perbaikan jalan berlubang di kabupaten Siak tahun 2013 lalu, Dinas Bina Marga dan Perairan (BMP) Siak melalui kegiatan swakelola anggaran APBD Siak telah menghabiskan dana sebesar 1,5 Miliar.

Dana tersebut hanya khusus untuk perbaikan jalan rusak atau yang cukup dikenal dengan tambal sulam di lima wilayah, masing-masing wilayah menghabiskan dana Rp 300 juta. Kok sama rata ya?. Apa rusaknya juga sama?.

Namun walaupun jalan berlubang terus diperbaiki dan menghabiskan dana cukup besar, tidak ada jaminan jalan tersebut akan tahan. Apakah karena kualitas atau tonase?.

“Perbaikan dilakukan, tapi kerusakan bisa saja kembali lagi dan itu tidak bisa diprediksi. Karena di Siak banyak mobil pengangkut sawit yang melebihi tonase atau beban yang telah ditentukan,” ujar Kepala Dinas BMP Siak Irving Kahar Arifin melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Ardi Irfandi kepada wartawan, Selasa (11/2/14) bahwa.

Walaupun tidak ada jaminan jalan-jalan yang diperbaiki bakal tahan, namun di 2014 dana perawatan rutin termasuk perbaikan jalan rusak kembali dianggarkan, dan masih proses.***(rinto)