logo rohulRokan Hulu (SegmenNews.com)- Helatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Rokan Hulu ke-14 direncanakan dilaksanakan pada bulan Mei 2014.

MTQ akan dipusatkan di gedung bekas purna MTQ Riau lalu, tepatnya di depan Masjid Agung Madani Islamic Center PasirPangaraian. Saat ini, Selasa (11/2/14) bertempat di aula lantai 3 Setda Rohul, tim Lembaga Penegdalian Tilawatil Qur’an (LPTQ) tengah melakukan rapat awal pembahasan pelaksanaan MTQ.

Asisten II Setda Rohul, Syaipul Bahri,S.sos,Msi selaku pemimpin rapat mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan tempat dan pemondokan peserta MTQ yang digelar bulan Mei mendatang. Namun diinstruksikan juga kepada para Camat agar melakukan rapat dengan para Kepala Desa di daerahnya guna mensukseskan MTQ.

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Rokan Hulu, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan, MA menyampaikan bahwa bulan Maret adalah waktunya untuk persiapan MTQ dengan 7 cabang yang dipertandingkan.

1. tilawatil qur’an, dengan 6 bidang yakni tartil quran, tilawah anak-anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, cabang qiro’at saabat, dan cacat netra,
2. Syarhil quran.
3. cabang fahmil quran.
4. Ifzhil quran, untuk bidang golongan 1 juz dan tiilawah, 2 juz, dan 5 juz dan tilawah, 3, 10 juz tahfiz qur’an 4, 5, 10, 20, dan 30 juz.
5. cabang, khotil qur’an, 3 bidang yakni hiasan musahap, khot dekorasi, khot hiasan naskah.
6. cabang tafsir quran, 3 bidang, bidang tafsir bahasa arab, tas bahasa inris, bahsa indosea.
7. Cabang LMTQ menulis makalah alquran.

Ahmad Sipardi mengingatkan agar para peserta adalah asli putra Daerah Rokan Hulu bukan sewaan. Putra Daerah asli Rokan Hulu harus mampu mengukir prestasinya dengan cara yang jujur dan sempurna.

Sebab, peserta yang berprestasi nantinya akan berunjuk kebolehnannya di tingkat Provinsi Riau.***(r4n/adv/hum)