Puluhan ribu Buruh Tuntut Kenaikan Upah Tahun 2015

Buruh demo (ilustrasi)
Buruh demo (ilustrasi)

Jakarta (SegmenNews.com)– Puluhan ribu buruh yang berada di Jakarta dan sekitarnya kembali melakukan demonstrasi ke Istana Merdeka. Dalam aksinya buruh meminta kenaikan upah sebesar untuk tahun 2015 sebesar 30 persen.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengatakan, buruh akan berkumpul di Bunderan Hotel Indonesia dan melakukan aksi long march menuju Istana Merdeka, Mahkamah Konstitusi dan Kementerian Kesehatan.

“Buruh akan bergerak sekira pukul 10.00 WIB dari Bunderan HI menuju Istana,” ujar Said kepada Okezone, Rabu (12/2/2014).

Said menambahkan tuntutan yang akan dibawa buruh dalam aksi nanti antara lain, rakyat memiliki hak untuk berobat ke rumah sakit atau puskesmas dan tidak boleh ada penolakan. Oleh sebab itu, Permenkes no 69/2013 harus dicabut. Selain itu, buruh juga meminta kenaikan upah minimum tahun 2015 sebesar 30 persen dengan KHL sebanyak 84 item.

“Ini aksi serempak yang akan diikuti puluhan ribu buruh lainnya di 12 provinsi seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera dan lainnya.”ungkapnya kembali.

Selain melakukan aksi demonstrasi, buruh juga akan mendeklarasikan rumah rakyat di sport Mal Kelapa Gading pada pukul 14. 00 WIB.***

red: son                                                                                                                                                                        sumber: okezone