Wakil Bupati Inhil, H Rosman Malomo
Wakil Bupati Inhil, H Rosman Malomo

Tembilahan (SegmenNews.com) – Mengingat kondisi geografis Kabupaten Indragiri Hilir yang umumnya berawa-rawa, maka masyarakat diimbau menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya, guna menghindari penyebaran berbagai penyakit, seperti Demam Berdarah Dengue.

Imbauan tersebut disampaikan Wakil Bupati Inhil, H Rosman Malomo dalam sambutannya saat menghadiri salah satu kegiatan di Kota Tembilahan, belum lama ini.

Dikatakan Wabup, mencegah dan menanggulangi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sangat penting dilakukan sejak dini oleh masyarakat dan pihak terkait lainnya, termasuk Pemkab Inhil. Apalagi, pada kondisi peralihan musim saat ini, yang rentan sekali terhadap perkembangbiakan nyamuk penyebab penyakit DBD.

“Seperti yang saya dengar, bahwa DBD masih sering menyerang masyarakat Kabupaten Inhil. Untuk itu, saya minta masyarakat tetap waspada dan menjaga kebersihan lingkungannya,” tutur Wabup, Rosman.

Membersihkan lingkungan tempat tinggal, lanjut Wabup Inhil dua periode ini, haruslah rutin dilakukan, tidak hanya sekedar pada saat akan mengadakan kegiatan atau acara saja. Karena, kebersihan itu juga merupakan sebagian dari iman.

“Saya ini dulunya juga tinggal di kebun. Jadi, saya tau mana yang harus rutin dibersihkan dan mana yang tidak,” tambahnya.

Dijelaskan Wabup, nyamuk penyebab DBD biasanya berkembang biak di tempat yang gelap dan kotor. Apalagi, dengan kondisi daerah yang banyak terdapat rawa-rawa ini, tentunya akan semakin memudahkan jentik-jentik nyamuk untuk berkembang biak.

“Saya sangat mengharapkan peran serta dan dukungan dari seluruh masyarakat, untuk menjaga selalu kebersihan terutama tempat-tempat yang mudah tergenang air, sehingga ke depannya kasus DBD tidak ditemukan lagi di Inhil,” imbuhnya.***(ni/rul)