ispaPekanbaru (SegmenNews.com)- Kian hari kualitas udara diakibatkan asap di Pekanbaru semakin memburuk. Akibatnya, masyarakat yang terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) capai 483 Jiwa.

Kualitas udara Pekanbaru yang belakangan ini sudah mencapai ISPU 100 bahkan lebih sudah di kategorikan tidak sehat. Sesuai standar ISPU kualitas udara menunjukkan nilai 0-50 sehat, 50-100 sedang dan 100-199 tidak sehat.

“Kini catatan ISPU sudah diatas 100, itu tandanya udara sudah tidak sehat lagi,” ungkap Rini Kadiskes Kota Rini Hermiyati, Rabu (12/2/14).

Kualitas udara akan berdampak buruk bagi kesehatan, dalam sepekan terakhir ini jumlah masyarakat yang terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di seluruh Puskesmas mencapai 483 jiwa, diantaranya 413 pasien terserang batuk, 14 pasien terserang iritasi mata, 15 terserang iritasi kulit dan 41 orang terserang asma.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 2 persen dibandingkan angka pada hari biasa sebelum kualitas udara di kota Pekanbaru di serang kabut asap.

“Pelaporan ISPA di seluruh Puskesmas. Sepekan ini sudah mencapai 483 jiwa. Jumlah ini ada peningkatan 2 persen,” ujar Rini.

Untuk itu, masyarakat diimbau menghindari akfitisat luar rumah agar tidak terserang ISPA. Karena menurutnya lebih baik mencegah dibandingkan mengobati.***(son)