ispaPangkalan Kerinci (SegmenNews.com)- Sebanyak 420 orang masyarakat Kabupaten Pelalawan menderita penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Hal itu dipicu kabut asap akibat kabakaran lahan dan hutan (Kahutlah) semakin meraja lela, sehingga membuat cuaca semakin memburuk yang berdampak pada kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) kabupaten Pelalawan Dr Endit RP melalui Kabid P2PL, Dr Rafles tadi pagi menuturkan bahwa mulai tanggal 3 sampai 11 Februari laporan masuk dari puskesmas yang ada di Pelalawan ke Diskes tercatat ada sekitar 420 pasien ISPA.

Jumlah tersebut ada juga menderita, Pnueumonia, Asma, iritasi mata dan iritasi kulit. Tetapi setelah mendapat perawatan telah di perbolehkan pulang dan kembali beraktifitas seperti biasanya.

Dia menghimabu kepada masayarakat agar tetap berhati-hati, terutama bagi anak-anak agar mengurangi aktifitas diluar rumah.

“Apabila sudah ada gejala dapat cepat dibawa ke rumah sakit atau ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis,” ingatnya***(fin)