heliPekanbaru (SegmenNews.com) – Dua helikopter dikerahkan untuk memadamkan sejumlah titik api yang membakar lahan dan hutan di Kabupaten Meranti. Daerah tersebut merupakan salah satu wilayah kebakaran hutan dan lahan terparah di provinsi itu.

Helikopter difokuskan untuk memadamkan api di titik-titik yang sulit dijangkau oleh petugas jika lewat jalur darat. Kendati begitu, pemadaman lewat darat tetap dilakukan oleh petugas gabungan di antaranya TNI, Polri, dan BNPB dibantu masyarakat setempat.

“Dua helikopter untuk melakukan penyemprotan air dari udara ke titik lahan yang terbakar. Untuk jalur darat, kami menyiapkan mesin pompa air,” kata Kapolres Meranti AKBP Zahwani Arsyad, Kamis (13/2/2014) dilansir okezone.com.

Berdasarkan hasil penyelidikan Polres Meranti, ada dua perusahaan yang terindikasi membakar lahan yakni PT Sumatera Riang Lestari (perusahaan kayu akasia) dan PT Nusa Sagu Prima (NSP) perusahaan sagu, anak perusahaan Sampoerna Agro Group. Luasan yang terbakar di lahan perusahaan itu 1.500 hektare.

Kebakaran hutan dan lahan di Riau terjadi sejak beberapa hari terakhir. Imbasnya, sejumlah penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II terpaksa ditunda lantaran jarak pandang yang terbatas.***

red: son