rumah1Pangkalan Kerinci (SegmenNews.com)- Kabut asap semakin meluas, di Kabupaten Pelalawan ditemukan sebanyak 25 titik api yang tersebar di kawasan hutan dan konsesi yang di indikasikan sengaja dibakar.

Tim Polres Pelalawan menurunkan tim untuk menyelidiki kasus pembakaran lahan tersebut di kecamatan Teluk Meranti, Kuala Kampar, Kerumuan, Bunut dan Langgam.

“Daerah yang paling banyak ditemukan titik api di daerah Kuala Muda, daerah kawasan konsesi yang berbatasan langsung dengan lahan milik PT Arara Abadi (AA) kecamatan Teluk Meranti dan kawasan hutan lindung di kecamatan Kerumutan. Sekarang saya telah memerintahkan Kapolsek bersama tim untuk turun mencari pelaku pembakaran dan harus ditangkap,” ungkap Kapolres Pelalawan AKBP A Supriyadi SIK MH, Jumat (14/2/14).

Kapolres memastikan lahan tersebut sengaja dibakar. Saat ini pihak dari PT AA sedang berusaha melakukan pemadaman, tapi kondisi tanah gambut menyulitkan pemadaman dan empat unit alat berat di turunkan untuk membuat pari agar tidak merembes ke lahan HTI PT AA.

Untuk menangkap pelaku tim Polres dilapangan diberi target penagkapan pelaku pembakaran. Pasalnya, selama ini sosialisasi agar tidak membakar lahan sudfah digencarkan, tapi masih ada yang membandel.

Hasil pemantauan titik api melalui udara oleh Bupati Pelalawan HM Harris bersama Kapolres Pelalawan AKBP A Supriyadi dan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Kadishutbun) kabupaten Pelalawan Hambali, menemukan 25 titik api yang tersebar di kawasan hutan dan konsesi di indikasi sengaja dibakar.***(fin)