Bupati Siak H. Syamsuar
Bupati Siak H. Syamsuar

Siak (SegmenNews.com)- Bertempat di Aula Hotel Grand Mempura, Bupati Siak H. Syamsuar membuka secara resmi kegiatan Kompetensi dan Potensi bagi Pejabat Struktural Eselon II dan III dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak Tahun 2014, Senin 17/02 kemarin.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat Kolonel Infantri Drs. Anshari Joni dan Tim Penguji dari Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat, Wakil Bupati Siak H. Alfedri, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Siak H. T. Said Hamzah.

Bupati Siak H Syamsuar dalam sambutannya mengatakan bahwa peran Pegawai Negeri Sipil terutama para pejabat struktural dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan eksistensinya haruslah berdayaguna dan berhasil guna bagi masyarakat, tentu saja diperlukan pejabat struktural yang tepat untuk menduduki atau ditugaskan pada posisi yang tepat pula. Oleh karena itu akan sangat dibutuhkan pejabat struktural yang memiliki kemampuan dan kompeten yang dapat dihandalkan guna melaksanakan tugas secara profesional, berdisiplin, adil, jujur dan bertanggung jawab.

Hal ini dilakukan juga agar dapat diperoleh data atau informasi yang dapat dijadikan bukti yang menunjukkan apakah pemegang jabatan atau calon pemegang jabatan memenuhi atau tidak memenuhi kompetensi minimal yang dipersyaratkan untuk melaksanakan tugas jabatannya.

Untuk mencapai maksud dan tujuan di atas maka salah satu cara yang dapat dilakukan Pemerintah Kabupaten Siak adalah menyelenggarakan test psikometri bagi seluruh pejabat struktural dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak dan untuk tahap pertama sebagai langkah awal test psikometri tersebut di lakukan kepada semua pejabat eselon II dan III sebagai Top Management dan Midle Management pada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.

Agar hasil test psikometri tersebut benar-benar menghasilkan penilaian yang obyektif tentu saja harus dilakukan oleh suatu lembaga yang berkompeten dan memiliki kewenangan secara legal formal untuk melakukan test psikometri, oleh karena itulah maka Pemerintah Kabupaten Siak melakukan kerja sama dengan Dinas Psikologi Angkatan Darat di Bandung.

Untuk tahap pertama, test psikometri ini kita lakukan bagi pejabat struktural eselon II dan III dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak dalam Tahun Anggaran 2014 dengan jumlah keseluruhan sebanyak 80 (delapan puluh) orang, sedang untuk pejabat eselon III yang pada saat ini belum ikut test maka secara bertahap akan di test pada tahun 2015 yang akan datang.

Test psikometri yang kita lakukan tersebut bukanlah bertujuan untuk menyelidik kelemahan atau kekurangan seseorang pejabat struktural eselon II maupun eselon III. Akan tetapi test psikometri yang kita lakukan ini memiliki tujuan lebih kepada bagaimana Pemerintah Kabupaten Siak dapat melihat kemampuan dari aspek psikologis mental dan kepribadian para pejabat struktural dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak dalam menyikapi dan menyelesaikan suatu permasalahan atau hambatan ketika menjalankan tugas dan jabatan.

Ada banyak aspek yang bisa dinilai dari test psikometri ini diantaranya, intelgensi, aptitude, kepribadian, kompetensi, termasuk bagaimana seorang pejabat struktural bekerja dengan orang lain, bagaimana mengatasi stress, dan apakah seorang pejabat struktural tersebut telah memenuhi kriteria intelektual dan emosional yang sesuai dengan tugas dan jabatan yang diduduki atau akan didukinya.

Hasil akhir dari test psikometri tersebut nantinya adalah berupa rekomendasi dari lembaga yang melakukan pengujian terhadap pejabat struktural yaitu Dinas Psikologi Angkatan Darat kepada Pemerintah Kabupaten Siak, dan rekomendasi tersebut ke depan akan menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi Pemerintah Kabupaten Siak dalam melakukan rotasi, mutasi dan atau promosi pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.***(rinto/adv/hums)