firdausPekanbaru (SegmenNews.com)- April 2014 ini, Pemerintah Kota segera menggelar proses lelang pembangunan terminal Barang dan Pergudangan. Rapat penyelesaian administrasi kelengkapan surat sudah di gelar di Kantor Walikota Pekanbaru, dipimpin oleh Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Selasa (18/2/14).

Wako usai rapat menyatakan persiapan sudah hampir klir dan kini hanya tinggal menyelesaikan surat kepemilikan lahan untuk terminal tersebut. “Terminal barang dan pergudangan akan segera di lelang April 2014 di atas lahan seluas 18 hektare,” ujar Firdaus.

Katanya pembangunan terminal ini akan mengandalkan 100 persen dana swasta. Pemko memilih pola kerjasama BOT untuk 30 tahun kontrak. Lokasi pembangunan terminal barang dan pergudangan letaknya di Kelurahan Kulim Kecamatan Tenayan Raya. Lokasi ini aksesnya dekat dengan koridor ruas jalan lingkar luar.

“Investasi ini full swasta dengan pola BOT selama 30 tahun baru di serahkan ke Pemerintah kota (pemko),” urai Firdaus.

Kata Wako investasi ini memakan biaya sekitar Rp250 miliar dan di bangun dengan dua tahun kalender.

Terkait ijin dari DPRD saat di konfirmasi, Wako menyatakan secara resmi sudah disampaikan ke Dewan.

Meski diakuinya untuk izin itu tidak mutlak karena sesuai aturan yang berlaku. Persetujuan dimintakan ketika Pemko menggunakan aset di atas Rp5 miliar, sementara terkait pembangunan terminal barang itu menggunakan dana investor.***(mad)