gudepSiak (SegmenNews.com)– Wakil Bupati Siak H. Alfedri selaku ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 09 Siak meresmikan Gugus Depan (Gudep) yang berpangkalan di SD, SMP dan SLTA se Kecamatan Sungai Apit, dihalaman SMPN 1 Sungai Apit, Sabtu sore (22/2). Peresmian tersebut ditandai dengan pemukulan gong dan pembukaan tirai papan nama Gudep.

Sebelumnya, upacara yang dihadiri oleh pengurus Kwarcab Siak dan sejumlah undangan lainnya tersebut diisi dengan prosesi pelantikan majelis pembimbingan gugus depan (Mabigus) se kwartir ranting 02 Sungai Apit.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Siak H. Alfedri mengharapkan agar pramuka di kwartir ranting Sungai Apit bisa berkembang dan banyak menghasilkan prestasi, dan kepada ketua dan pengurus Mabigus dapat melakukan pembinaan kepada peserta didik dengan baik dan dapat menerapkan sistem administrasi Kepramukaan yang baik pula dan sesuai ketentuan.

Organisasi ini lanjut Wabup, muncul dari seorang pendiri The Boys Scout yaitu lord Robert baden powell of Gilwell. Tepat pada hari ini adalah Hari Pandu sedunia yang didirikan oleh Baden Powell. Di Indonesia pada tahun sebelum tahun tahun 1961 terdapat berbagai macam gerakan kepanduan. Akan tetapi berkat perjuangan bangsa Indonesia, semua gerakan kepanduan pada waktu itu yang jumlahnya banyak, berhasil disatukan dengan satu gerakan kepanduan yaitu gerakan pramuka.

Menurutnya Organisasi ini dinamai ‘Gerakan’ karena bermaksud mempersiapkan generasi muda Indonesia menjadi penggerak-penggerak pembaharuan dan pembangunan negara-bangsa melalui jalur pendidikan luar sekolah. Jadi Penggerak adalah prasyarat untuk adanya Gerakan, gerakan adalah prasyarat untuk adanya perubahan dan perubahan adalah syarat untuk adanya pembangunan, tegas Wabup.

Gerakan Pramuka ini mempunyai cita-cita dalam pengembangan karakter anak bangsa untuk membentuk karakter anak bangsa. Kepramukaan ini terdapat berbagai macam aspek pembelajaran apakah dari segi spiritual, emosional, sosial, jasmani dan rohani yang bertujuan untuk pembentukan karakter seorang anggota pramuka yang pada akhirnya pembentukan karakter bagi anak bangsa. Dalam pembentukan karakter, gerakan pramuka mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

Dalam pembentukan karakter dapat diwujudkan dengan adanya pramuka. Karena dalam kepramukaan terdapat berbagai macam pelatihan yang mengandung pendidikan untuk pembentukan karakter. Kegiatan Pramuka ini merupakan ekstra kurikuler wajib pada kurikulum Tahun 2013 di satuan pendidikan, sesuai dengan Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum, ujar Wabup.***(rinto/hms)