kabut asap (ilustrasi)
kabut asap (ilustrasi)

Siak (SegmenNews.com)- Hingga, Senin (24/2/14) kabut asap di Kabupaten Siak tak kunjung reda. Dari Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Siak di Jalan Hangtuah hingga pukul 15.15 WIB, diagram batang ISPU mencapai angka tertinggi hingga 500 Pertikel Mikro (PM) 10, hal itu masuk kategori udara berbahaya.

Diakui Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Siak, Dr.R Toni Candra tadi sore, bahwa kondisi udara memang berbahaya karena ISPU telah mencapai level tertinggi. Untuk menghindari bertambahnya penderita penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang saat ini telah mencapai 2.899 kasus.

Pihaknya telah memberikan rekomendasi ke Dinas Pendidikan agar meliburkan anak-anak sekolah hingga kondisi udara mulai membaik. “Kita sudah memberikan rekomendasi ke Disdik untuk meliburkan anak-anak sekolah, karena saat ini kondisi udara mencapai 500 Pm dan berbahaya,” aku Kadiskes.

Namun, pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Siak tidak meliburkan pelajar karena sebahagian orang tua banyak yang tidak setuju sekolah diliburkan karena saat sekolah diburkan banyak anak-anak sekolah malah berbain dan keluyuran.

“Orang tua murid banyak yang setuju sekolah tidak diliburkan, karena saat diliburkan banyak anak-anak bermain diluar rumah,” ujar Kadisdik Siak Kadri Yafis kepada wartawan.***(rinto)