Bupati Siak, H Syamsuar resmi membuka MTQ V tingkat Kecamatan Mempura di halaman Masjid Nurul Hidayah Desa Benteng Hilir yang ditandai dengan pemukulan Bedug
Bupati Siak, H Syamsuar resmi membuka MTQ V tingkat Kecamatan Mempura di halaman Masjid Nurul Hidayah Desa Benteng Hilir yang ditandai dengan pemukulan Bedug

Siak (SegmenNews.com)- Bupati Siak, H Syamsuar resmi membuka MTQ V tingkat Kecamatan Mempura di halaman Masjid Nurul Hidayah Desa Benteng Hilir yang ditandai dengan pemukulan Bedug, Rabu, (26/02) malam.

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Administrasi Umum, H Jamaluddin, anggota DPRD Siak Sudianto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Siak Muharrom, Camat Mempura Hendri Derhavin, Upika Mempura dan Kades Benteng Hilir M. Rasyid.

Kata Bupati, astaka sekarang ini adalah cikal bakal MTQ tingkat Kabupaten Siak yang akan dilaksanakan di Kecamatan Mempura.
“Saya menyambut baik yang disampaikan Camat tadi mengenai kecamatan mempura masuk 5 besar, berarti bisa di peringkat pertama. Hal ini memungkinkan lanjutnya karena antusias dan persiapan dari pihak kecamatan sendiri untuk menghadapi MTQ ke 14 tingkat Kabupaten yang akan datang,” sampainya.

Pelaksanaan kegiatan MTQ Kecamatan Mempura menurutnya, merupakan momentum penting bagi Pemerintah Kecamatan Mempura dan masyarakat. Dimana kegiatan ini merupakan ajang pemanasan, sekaligus kesempatan untuk mengukur sejauh mana kemampuan dan kesiapan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Siak yang Insya Allah akan dilaksanakan beberapa bulan mendatang di Kecamatan Mempura.

“Dalam kaitan dengan ini kami mengajak kita semua untuk dapat meningkatkan peranannya dalam rangka membina pendidikan generasi muda, khususnya yang berkaitan dengan Al Qur’an. Sesuai dengan Tema dalam Kegiatan kali ini, yang amat kami sambut baik, yaitu: “Dengan MTQ ke V Kecamatan Mempura kita gali potensi minat dan bakat menuju genarasi Qur’ani yang berakhlakul Karimah,” pesan bupati.

Disamping itu bupati juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan, sekarang ini pemerintah kabupaten Siak sudah maksimal berupaya untuk menghadapi masalah pembakaran lahan dan hutan. “Ada yang memadamkan, ada pula yang membakarnya, kalau lah begitu kapan selesainya, saya berharap dukungan dan peran serta dari masyarakat untuk bekerjasama dengan pemerintah untuk memadamkan api, ungkap Bupati.

Bupati juga menyebutkan bahwa keputusan Forkopimda Kabupaten Siak menyebutkan Kabupaten Siak sebagai daerah tanggap darurat, yang nanti kita usulkan ke Gubernur dan pusat yang kita harapkan segera mendapatkan bantuan, terutama dalam membuat bom-bom air dan hujan buatan. Dengan demikian kita harapkan berkurangnya karhutla di daerah kita ini.

Camat Mempura Hendri Derhavin sebelumnya mengatakan bahwa pelaksanaan lomba Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) sesungguhnya bukanlah sekedar memperlihatkan keterampilan qori dan qoriah dalam melantunkan keindahan ayat – ayat suci Al-Quran, namun juga menyampaikan pesan – pesan suci bahwa Al-Qur’an adalah sumber kebenaran, kebaikan, kesejahteraan dan keselamatan serta mengandung nilai – nilai pembentuk akhlak manusia yang paripurna, yang tentunya sangat penting bagi kita, khususnya bagi Kecamatan Mempura dalam melanjutkan cita – cita pembangunan sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Siak.

Adapun cabang – cabang yang dilombakan meliputi 3 cabang antara lain tilawah, tartil, marhaban yang diikuti oleh 97 peserta terdiri dari 7 desa dan 1 kelurahan. Acara pembukaan MTQ ke 5 tingkat kecamatan Mempura ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Siak didampingi Kepala Kantor Kemenag Siak, Anggota DPRD Siak, Camat Mempura, KUA Mempura, dan Kepala Desa Benteng Hilir.***(rinto/hms)