dr. Wildan Asfan Hasibuan,MKes
dr. Wildan Asfan Hasibuan,MKes

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Sebagai bentuk upaya meminimalisir penakit berbahaya HIV/AIDS. Dinas kesehatan akan melakukan tes kesehatan para tersangka narkoba di mapolres Rokan Hulu.

“Walaupun belum ada MoU, tapi kita sudah berkoordinasi dengan Kasat reskrim Polres Rohul, untuk melakukan tes HIV/AIDS bagi tersangka narkoba,” imbuh Kadiskes Rohul, dr. Wildan Asfan Hasibuan,MKes, Kamis (27/2/14).

Lanjutnya, sebab salah satu penularan HIV/AIDS adalah melalui transfusi darah atau alat suntik yang digunakan pecandu narkoba telah tertular.

Selain itu, untuk tes HIV/AIDS, Diskes sudah melakukan program tes HIV/AIDS di kafe-kafe satu kali setahun, begitu juga terhadap penghuni Lembaga yang dilakukan secara berkala.

Sedangkan bagi masyarakat yang ingin memeriksanakan kesehatan terkait HIV/AIDS, saat ini Rokan Hulu sudah memiliki klinik khususnya di RSUD secara gratis bagi masyarakat Rohul, namun jika masyarakat yang memeriksa datang dari luar Daerah, hanya dikenakan biaya administrasi.

“RSUD sekarang sudah ada spesial pemeriksaan HIV/AIDS secara gratis, tapi bagi masyarakat datang dari luar Rohul hanya membayar administarsinya saja. Kerahasiaannya dijamin,” jelas Wildan.***(r4n)