aids1Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Dari data Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hulu, warga yang terinfeksi penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS)/Human Immunodeficiency Virus (HIV) sebanyak 39 kasus, yang terdiri dari masyarakat, ibu rumah tangga, dan juga beberapa orang PNS di lingkungan Pemerintahan Rokan Hulu.

Untuk meminimalisir tertularnya penyakit mematikan tersebut, Diskes bersama Penyuluhan AIDS Rokan Hulu memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada 50 orang PNS, Kamis (27/2/14) bertempat di aula gedung Diskes.

“Sekarang kan sudah mulai ada PNS (terinfeksi AIDS/HIV). Kita adakan penyuluhan kepada PNS akan bahaya dan pencegahan penyakit itu dengan 50 peserta PNS,” ujar Kadiskes Rohul, dr. Wildan Asfan Hasibuan,MKes kepada SegmenNews.com diruang kerjanya tadi pagi.

Lanjut, Wildan, penyakit berbahaya tersebut tak hanya sudah masuk keranah PNS. Namun juga sudah menjangkiti para ibu-ibu rumah tangga. Wildan menghimbau kepada masyarakat agar lebih meningkatkan ibadahnya dan menjauhi larangan allah.

Sebab, selain penyakit HIV/AIDS ditularkan melalui trasfusi darah/produk darah yang sudah tercemar HIV/pengguna Narkoba dan ibu hamil, penyakit itu juga tertular dari berhubungan intim dengan yang bukan istrinya.***(r4n)