pujasera arifin ahmad (int)
pujasera arifin ahmad (int)

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Setelah kontrak kerjasama pengelolaan pasar Seni Pujasera Arifin Achmad berakhir tahun 2012 lalu.

Kini Pemerintah Kota (pemko) Pekanbaru kembali berniat mengajukan perpanjangan pengelolaan pasar yang kini sudah di tinggalkan Pedagang Kaki Lima (PKL) ini. Proses pengajuan perpanjangan kini sedang di ajukan ke Gubernur Riau. Demikian Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, Selasa (4/3/2014).

Kata Wako, Pemko berniat memaksimalkan lahan pujasera kembali dengan membangun sental PKL di lahan belakang. Sementara di bagian depan lahan yang masih milik pemprov akan di carikan investor untuk mengembangkan.

“Kita sudah ajukan perpanjangan pengelolaan Pujasera tahun lalu. Tetapi belum ada jawaban, makanya tahun 2014 ini kita ajukan lagi.karena tampa kewenangan pengelolaan kita tidak bisa maksimal mengelolanya,” ujar Firdaus MT, usai meninjau keberadaan Pujasera Arifin Achmad, Senin (3/3).

Kata Wako, Dengan adanya kepastian perpanjangan hak pengelolaan dari Pemprov akan memudahkan pemko untuk mencari investor untuk renovasi dan mengembangkan bangunan aset yang sudah ada di bagian depan Pujasera.

Sementara lahan kosong di belakangnya yang merupakan lahan milik Pemerintah Kota Pekanbaru.Akan di bangunkan tempat PKL yang representatif sehingga ada saling melengkapi kegiatan pasar seni ini menjadi ramai kembali.

“Untuk PKL di bagian belakang kita beranikan membangun dengan dana APBD kota, sementara bangunan aset di depan ini akan kita carikan investornya. Sehingga di harapkan pasar ini akan ramai kembali.Harapannya di depan di jadikan bangunan seni, dan wisata dan di bagian belakang ditempati oleh PKL,” katanya.

Meski diakuinya keterlambatan proses perpanjangan ini ada pengaruhnya dengan pergantian Gubernur Riau, ia optimis dengan Gubri baru ada harapan baru. “Kita harapkan bapak Gubernur yang baru yang dekat dengan PKL, pasti supor kita membangun UMKM ini,” tandasnya.***(Ra/ur)