Sample air kotor yang digunakan masyarakat untuk MCK di Desa Teluk Papal Bengkalis
Sample air kotor yang digunakan masyarakat untuk MCK di Desa Teluk Papal Bengkalis

Bengkalis (SegmenNews.com) Sudah hampir dua bulan terakhir warga di Desa Papal, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis kesulitan mendapatkan air bersih, akibat musim kemarau.

Kondisi di Desa berjarak sekitar 50 KM dari kota Bengkalis sudah mulai memperihatinkan. Akibat sulitnya air bersih, masyarakat terpaksa hanya menggunakan air asin, kotor dan berbau untuk kebutuhan sehari-hari seperti Mandi Cuci Kakus (MCK). Tak peduli lagi layak atau tidak layaknya air yang pakai.

Akibatnya, tak sedikit masyarakat di sana terserang penyakit kulit, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Melihat kondisi itu, dipimpin Dir PDAM Bengkalis dipimpin, Nova Novianti beserta rombongan mengambil sample air yang digunakan masyarakat, Selasa (4/3/14).

Rombongan juga membawa 2 unit mobil tanki berisi 10 ribu liter air bersih. Dapat bantuan, masyarakat pun berduyun-duyun mendatangi mobil tanki dengan membawa jetrigen dan penambungan air ke lokasi.

“Warga Teluk Papal bukan hanya kesulitan mendapatkan air besih, tapi juga akibat kemarau, puluhan warga dari anak anak hingga dewasa terjangkit penyakit kulit. Kita juga akan membawa sample air yang digunakan masyarakat, untuk mengetahui seberapa bahayanya air itu,” imbuh Nova.***(yusuf)