Ribuan jemaah di Rokan Hulu melaksanakan shalat istisqa memakai masker
Ribuan jemaah di Rokan Hulu melaksanakan shalat istisqa memakai masker (SegmenNews.com)

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Ribuan jemaah di Kabupaten Rokan Hulu melaksanakan shalat istisqa (minta hujan), Bupati Rohul beserta para pejabat melaksanakan shalat istisqa di taman kota Pasir Pangaraian, sementara jemaah di seluruh Kecamatan juga melaksanakan di daerahnya masing-masing.

Shalat istisqa tersebut menyusul atas musibah kabut asab yang menimpa Riau, dan Rokan Hulu khususnya. Bahkan, musibah kabut asap tersebut sudah menjangkiti penyakit ribuan masyarakat di Rokan Hulu.

Dari pantauan ribuan jemaah shalat istisqa di taman kota maupun di kecamatan menggunakan masker untuk menghindari gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh kabut asap yang semakin pekat.

“Kita semua berharap mudah-mudahan Allah menurunkan hujan, sehingga udara di Rokan Hulu kembali bersih dan sehat. Aktivitas masyarakat pun kembali normal seperti biasa,” kata Bupati Achmad.

Sementara, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Rohul Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan MA mengatakan Shalat Istisqa lebih banyak meminta ampun kepada Allah SWT dengan beristighfar seperti menyebut lafaz istighfar sembilan kali dan khutbah kedua lafaz istighfar tujuh kali.

“Semoga dampaknya akan sama-sama kita rasakan nanti (turun hujan-red),” imbuh Ahmad Supardi.***(r4n)