HM Harris
HM Harris

Pelalawan (SegmenNews.com)- Sempena peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Keluarga Berencana dan Kesehatan (PKK-KB Kes) ke-42. Bupati Pelalawan, HM Harris berharap PKK terus meningkatkan kualias diri dalam pelayanan terhadap keluarga dan masyarakat.

Peringatan itu berlangsung di gedung Laksamana Mangku Diraja yang dihadiri juga Wakil Ketua Polres Kabupaten Pelalawan Komisaris Polisi (Kompol) Haldun, Kepala SKPD se Kabupaten Pelalawan, TP-PKK Kabupaten Pelalawan yakni dari kabupaten, kecamatan, Pedesaan atau Kelurahan, Rabu (12/3/14).

Sampai Bupati bahwa, kehadiran PKK yang telah teruji keberadaannya, memberikan harapan besar bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dinilai telah mampu mendorong terciptanya kesejahteraan keluarga sebagai upaya percepatan pengentasan kemiskinan di kalangan masyarakat. Sehingga untuk memberikan apresiasi, tak ada salahnya jika hal tersebut dipuji oleh sebagian kalangan.

Dengan 10 program pokok yang diterapkan PKK telah secara nyata dan mendapat pengakuan luas sebagai upaya bersama meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat mengentaskan kemiskinan sebagaimana diamanatkan UU No. 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kepedudukan dan Pembangunan Keluarga, serta UU No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Dalam peringatan hari PKK ke 42 banyak penampilan yang ditunjukkan oleh PKK kabupaten Pelalawan seperti paduan suara, lomba masak,lomba busana, bazar baik makanan atau kerajinan tangan dan fashion show dari anak-anak PKK.

Saat sambutan Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, tim penggerak PKK sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan yang mengacu pada 10 program pokok PKK. Selaku pemerintah daerah senantiasa memberikan dukungan dengan fasilitas gerakan pendukung keluarga untuk dapat melaksanakan program-program.

Dimana tim penggerak PKK daerah ini telah memberikan kontribusi dalam upaya memberikan kesejahteraan dalam keluarga yang ada di tingkat kampung maupun kelurahan melalui kegiatan pemberdayaaan, penyuluhan ketahanan pangan bagi kaum ibu, kegiatan pelatihan pembinaan bagi kader posyandu, gerakan penghijuan dan juga masih banyak kegiatan lainnya.

Harris berharap, agar anggota tim penggerak PKK terus dapat meningkatkan kualitas diri dalam pelayanan terhadap keluarga dan masyarakat yang ada di Kabupaten Pelalawan. Sehubungan dengan hal itu, Pemda Kabupaten Pelalawan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus dan anggota tim penggerak PKK yang telah memberikan dukungan pada pelaksanaan pembangunan demi mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris mengatakan, tujuan peringatan ini adalah untuk memasyarakatkan gerakan PKK kepada masyarakat,serta memotivasi semangat para kader PKK agar terus aktif ikut mendukung kegiatan PKK.

Ratna juga mengatakan, sangatlah tepat peringatan Hari gerak PKK yang diperingati tahun 2014, melalui tema, “ dengan hari gerak PKK ke-42 kita perkuat ketahanan keluarga sebagai wujud persatuan dan kesatuan bangsa”, tema tersebut mengisyaratkan bahwa peran keluarga sangatlah penting dla menentukan karakter dan pemberdayaan sumber daya manusia sebagai generasi pnerus bangsa dan peran keluarga dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

” Setiap memperingati hari kesatuan gerak PKK, ia mengajak untuk bersama-sama kita introspeksi diri dan evaluasi diri, untuk selanjutnya menjadi tonggak yang akan dilaksanakan dengan baik pada tahun berikutnya, ujarnya.

Ratna berharap, selaku ketua PKK yang ada di kecamatan, pedesaan,kelurahan kiranya berkenan memberikan bimbingan, sehingga tim penggerak PKK bisa memberikan andil dan turut serta ikut ambil bagian dalam upaya peningkatan pelayanan menuju masyarakat maju, mandiri untuk menyongsong hari esok yang lebih baik.***(fin)