judoPekanbaru (SegmenNews.com)– Helatan Kejuaraan Nasional Seri I Kartika Cup 21-27 Maret 2014 di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Riau sudah mempersiapkan sembilan belas atlet.

“Rencana kita ada 22 atlet dan ofisial yang rencananya akan kita ikutkan dalam Kejurnas tahun 2014 ini,” sampai Kepala Dewan Guru, PJSI Provinsi Riau, Margas Chan, Rabu (12/3/2014) di Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau, Jalan Gajah Mada.

Namun, lanjutnya, saat ini PJSI Riau juga masih menunggu dana bantuan dari KONI Riau untuk mengikuti iven kali ini. Sehingga jumlah atlet yang dipersiapkan ini juga akan disesuaikan kembali sesuai dengan dana yang ada nantinya.

“Rencana kita memang ada sekitar 22. Tapi, kita juga melihat kondisi dana yang ada dan kita juga masih menunggu bantuan dana dari KONI Riau,” lanjutnya.

Dalam lomba ada tiga katagori nomor yang akan dipertandingkan yakni, Junior, Junior-Remaja dan katagori Senior. Besar harapan PJSI Riau semua atlet yang dipersiapkan bisa berangkat dan mengikuti iven ini. Mengigat jika tidak mengikuti Kejurnas ini level atau poin atlet akan menurun sehingga peluang untuk masuh ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 mendatang di Jawa Barat bisa menipis.

“Judo ini memiliki sistem poin dan tidak pakai praPON. Jadi kalau atlet kita tidak ikut kemungkinan dan peluang ikut pon semakin menurun. Jadi harus ikut,” sebutnya.

Sementara itu, untuk atlet Riau sendiri ada dua atlet yang masuk delapa besar untuk tingkat Nasional yakni, Budi Hendra kelas 90-100 kg dan Poni Tri Kurniati kelas 66-70 kg. “Dua atlet ini sudah sudah masuk delapan besar, kalau tidak ikut otomatis poin akan menurun dan tergeser.***(son/ur)