listrikPelalawan (SegmenNews.com)– Masih banyak desa di Kabupaten Pelalawan yang belum teraliri listrik. Karena itu Pemkab melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Pelalawan melakukan berbagai cara untuk mengalirkan listrik ke desa yang rata-rata berada di wilayah terpencil tersebut dan jauh dari jangkauan.

Lantaran dana yang dibutuhkan untuk membangun jaringan listrik cukup mahal, Distamben pun mengusahakan dengan meminta bantuan dana ke Pemerintah Pusat dengan cara pengajuan proposal. Pemasangan jaringan listrik sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten ingin menjadikan Pelalawan Terang.

Pemasangan jaringan listrik ini akan didanai dari program proyek infrastruktur desa dan kelurahan (PPIDK) dan dibantu dari pengajuan proposal dana APBD.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten pelalawan Yumardi mengatakan, demi kesejahteraan masyarakat daerah pinggiran yang jauh jangkauannya dan sampai saat ini belum tersalurnya jaringan listrik, Pemkab Pelalawan akan mewujudkan impian masyarakat memasang jaringan listrik di dua kecamatan yang ada di kabupaten.

Dua kecamatan yang akan dipasang jaringan listrik kecamatan Teluk Meranti yang terdapat di Desa Pulau Muda, Desa Segamai, Desa Gambut Mutiara, Desa Labuhan Bilik dan Kecamatan Kuala Kampar yakni Desa Sei Emas, Desa Sokoi.

Yumardi juga mengatakan, untuk pemasangan jaringan listrik ini akan didanai melalui Program Pembangunan Infrastruktur Desa dan Kelurahan (PPIDK) dan untuk sisa kekurangan dananya Pemkab dalam waktu dekat ini akan mengajukan proposal ke Pemerintah Pusat melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) untuk menyerap dana APBN untuk pemasangan jaringan listrik.

Yumardi mengatakan, untuk pembuatan jaringan listrik Pemkab akan menghabiskan biaya lebih kurang 60 milyar, disamping itu sepanjang 140 kilometer akan mendapat penerangan di dua kecamatan. ” Pemkab akan berusaha untuk memasangnya, semoga pengajuan bisa terealisasi,” ungkapnya.

Yumardi menambahkan, pemasangan jaringan listrik sesuai dengan visi misi Kabupaten “Pelalawan Terang”, selain itu dengan adanya perhatian pemkab terhadap masyarakat bisa bersabar, semoga yang diinginkan masyarakat bisa terwujud ditahun 2015 nantinya.***(fin)