Ketua dan anggota PGRI Rokan Hulu melakukan tradisi memandikan hewan, berharap hujan turun.
Ketua dan anggota PGRI Rokan Hulu melakukan tradisi memandikan hewan, berharap hujan turun.

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kabut asap menyelimuti Riau semakin membahayakan kesehatan, bahkan aktivitas masyarakat hampir di seluruh Provinsi Riau terganggu begitu juga dengan aktivitas sekolah. Ribuan jiwa telah terinfeksi penyakit ISPA.

Untuk menormalkan kualitas udara dengan berharap hujan turun, di Kabupaten Rokan Hulu, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Rohul sampai-sampai memandikan hewan seperti kucing, kambing dan ayam usai melaksanakan shalat Istisqa di lapangan Taman kota Pasir Pangaraian, Jum’at (14/3/14).

Ketua PGRI Rohul, HM Zen,M,MPd menuturkan bahwa selain shalat Istisqa mengharapkan hujan turun, memandikan tiga jenis hewan itu juga merupakan salah satu harapan hujan turun. Sebab katanya, tiga hewan tersebut paling takut dengan air.

“Dengan shalat Istisqa dan memandikan hewan yang takut dengan air, diharapkan hujan akan turun, agar musibah kabut asap yang melanda Rokan Hulu dan Riau akan segera berakhir,” imbuhnya.

Prosesi memandikan hewan dilakukan oleh ribuan anggota PGRI dari empat kecamatan, yakni Rambah, Rambah Samo, Rambah Hilir, dan Bangun Purba,***(r4n)