Hujan deras mengguyur Kota Pekanbaru sejak pukul 17:00 WIB
Hujan deras mengguyur Kota Pekanbaru sejak pukul 17:00 WIB

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Sejak Provinsi Riau dilanda kabut asap dan kemarau, hingga membuat kualitas udara berbahaya beberapa pekan ini, hujan tak pernah turun. Namun Warga Pekanbaru bersyukur, pasalnya sejak kunjungan Presiden SBY ke Pekanbaru dan Kabupaten di Riau. Kota Pekanbaru mulai guyur hujan.

Bahkan hari ini, Senin (17/3/14) hujan deras mengguyur Kota Pekanbaru sejak pukul 17:00 WIB. Masyarakat menilai kedatangan SBY membawa berkah bagi Riau.

“Sejak pak SBY datang, pekanbaru dan Kabupaten lainnya di Riau mulai diguyur hujan, walaupun gerimis. Tapi hari ini hujan mulai deras, kita berharap dengan datangnya hujan kualitas udara akan kembali normal, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengungsi. Mungkin kedatangan pak SBY membawa berkah,” imbuh Warni warga Marpoyan Damai yang berteduh di jalan Arifin Ahmad kepada SegmenNews.com.

Awalnya, hujan gerimis mulai membasahi Kota Pekanbaru dan berbagai Kabupaten di Riau sejak kedatangan SBY, Sabtu (14/3/14) lalu. Dalam dua hari setelah itu hujan gerimis bahkan hujan deras mulai turun dari langit di Riau.

Dilansir tempo.co, hari ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih berada di Pekanbaru, beliau memimpin apel Satuan Tugas Terpadu Operasi Tanggap Darurat Penanganan Asap. Acara berlangsung di Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru tadi pagi.

Apel diikuti oleh 1.263 personel satuan tugas yang terdiri atas prajurit TNI, Kepolisian RI, dan anggota Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Pada apel yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB itu, Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Kepala Badan Intelijen Negara Marciano Norman, dan Kepala BNPB Syamsul Maarif.

Presiden mengatakan, pemerintah telah menetapkan operasi terpadu selama tiga pekan dengan harapan dalam waktu tiga pekan atau kurang, api kebakaran hutan bisa padam. Kendati sudah mulai padam, SBY mengingatkan upaya menghentikan pembakaran lahan harus terus dilakukan.***(has/tempo)