Gedung UIR
Gedung UIR

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Untuk terus meningkatkan kualitas lulusan dan bidang lainnya, Universitas Islam Riau (UIR) kembali melakukan kerjasama dengan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Kerjasama kali ini lebih diprioritaskan untuk jurusan Geologi Fakultas Teknik UIR.

Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama UIR Prof Dr Ir Sugeng Wiyono ST MT, Senin, (17/03/14) menjelaskan, naskah Memorendum of Understanding (MoU) itu sudah dibuat, hanya saja belum ditandatangani kedua belah pihak. “Tinggal penandatanganannya saja lagi oleh kedua Unioversitas, dijadwalkan April mendatanga,” jelas Sugeng dikantornya.

Dikatakan Sugeng, kerjasama pada jurusan Geologi ini bisa dalam bentuk kuliah umum, pengembangan labor geologi, pertukaran hasil penelitian dan kerjasama lainya yang dianggap perlu. Meskipun jurusan Geologi UIR baru memasuki tahun ke 3, namun mahasiswa yang ingin mengambil jurusan Geologi cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari setiap kali penerimaan mahasiswa baru hingga tahun kedua ini jumlah mahasiswa sudah berjumah 60 orang.

“Awalnya jurusan Geologi ini berdiri sewaktu saya menjadi dekan fakultas teknik. Pada izin pendiriannya memang ada sedikit tantangan dan kekwatiran jurusan ini tidak dapat berkembang. Namun karena tekad dan rasa optimis jurusan geologi ini mampu berkembang dan Alhamdulillah jumlah mahasiswanya terus mengalami peningkatan yang signifikan dan ini membuktikan jurusan Geologi mendapat perhatian bagi masyarakat,” Sugeng menjelaskan.

Tamatan jurusan geologi, kata Sugeng, mempunyai peluang yang cukup besar untuk dapat bekerja. Mengingat di Riau banyak perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, perminyakan dan ini tentunya membutuhkan sumber daya manusia terutama lulusan geologi.” Kalau di Sumatera, jurusan Geologi hanya ada dua satu di Institut Teknologi Medan (ITM) dan satu lagi di fakultas teknik UIR,”sebutnya.

Selain kerjasama dengan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, UIR juga melakukan kerjasama dengan Badan Geologi Kementerian ESDM.”Kalau kerjasama dengan Badan Geologi Kementerian ESDM juga untuk jurusan Geologi. Kita harapkan kerjasama yang dilakukan baik dengan Unpad dan Badan Geologi Kementerian ESDM bisa meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa jurusan Geologi,” harapnya.***(/fin/ris)