Ketua Umum FORIKAN kabupaten Siak Hj Rasyidah Alfedri saat memberikan sambutan
Ketua Umum FORIKAN kabupaten Siak Hj Rasyidah Alfedri saat memberikan sambutan

Siak (SegmenNews.com)- Mendorong peningkatan konsumsi ikan merupakan salah satu cara mengatasi problem gizi. Segenap elemen masyarakat harus berupaya untuk mendorong kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan. Kesadaran akan pentingnya pemenuhan kandungan gizi dan protein bermanfaat langsung bagi tumbuh kembang seorang anak.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum FORIKAN kabupaten Siak Hj Rasyidah Alfedri saat memberikan sambutannya pada penyelenggaraan Lomba Masak Serba Ikan dan Sosialisasi Gemar Makan Ikan se kabupaten Siak, yang dilaksanakan oleh Dinas Peternakan, Perikanan & Kelautan kabupaten Siak bertempat di loby utama Grand Royal Hotel, Siak Sri Indrapura, Selasa (18/3/14).

Hj Rasyidah Alfedri menambahkan nilai kandungan gizi & protein yang terdapat dalam ikan dapat menstimulasi perkembangan otak si anak, sehingga hal ini berpegaruh langsung terhadap peningkatan kecerdasan dan sumber daya manusia dimasa yang akan datang. Hal ini memiliki dampak secara luas bagi setiap manusia. Pemenuhan gizi merupakan hal mendasar, sementara gizi yang tepat dari konsumsi ikan memberikan stimulus terhadap kreatifitas dan daya piker setiap individu sehingga hal ini akan memberikan produktifitas dalam berkarya secara berkelanjutan. “Tentunya kita berharap melalui kegiatan ini akan berdampak terhadap peningkatan konsumsi ikan,” ungkap nya. “Dan kepada para peserta, apa yang didapat pada hari ini dapat diaplikasikan di kecamatannya masing-masing,” ujar Rasyidah.

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan kabupaten Siak Susilawati MM mengungkapkan sosialisasi gemar makan ikan dan lomba masak serba ikan dipandang perlu untuk mendorong kreativitas dalam menciptakan kemampuan khususnya bagi ibu rumah tangga dalam menyajikan menu khusus berbahan baku ikan. Dengan semakin variatifnya cara pengolahan ikan yang akan dikonsumsi diharapkan dapat mendorong masyarakat mengkonsumsi ikan lebih banyak.

Selain itu kegiatan ini yang berlangsung selama dua hari ini tentu saja berfokus pada penyampaian informasi dan pemberian edukasi untuk merubah budaya masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan. Tidak hanya meningkatkan konsumsi ikan, hal ini tentunya berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat secara umum.

Para peserta lomba dan sosialisasi merupakan anggota penggerak PKK kecamatan se kabupaten Siak, pemenang lomba akan mewakili kabupaten Siak pada lomba di tingkat provinsi Riau. Hal ini dikarenakan perlunya dukungan dari ibu-ibu tim penggerak PKK baik di kabupaten dan kecamatan sangat diperlukan untuk mensosialisasikan cara pengolahan ikan dengan kreativitas mereka. Lomba memasak ini akan dilaksanakan usai kegioatan sosialisasi dam pemenang Lomba Masak ditentukan berdasarkan kriteria penilaian anatara lain kreativitas/inovasi resep baru, penyajian/penampilan, cita rasa, nilai gizi serta higienis dan aman dikonsumsi.***(rinto/hms)