Klinik UKM Riau (net)
Klinik UKM Riau (net)

Pekanbaru (SegmenNews.com) – Guna memberi kemudahan bagi para Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam melakukan konsultasi terkait pengembangan usahanya, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau membangun Klinik UKM.

Untuk tahun 2013 lalu Klinik tersebut dibangun di Kampar dan Kota Pekanbaru. Dimana dana untuk pembangunan Klinik tersebut berasal dari APBN 2013. “Untuk tahun 2014 ini akan dibangun lagi Dua Klinik di Pelalawan dan Siak, dananya dari APBD dan APBN,” sebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Riau, Raja Indra Bangsawan, Rabu (19/03/14).

Indra menjelaskan, untuk biaya pembangunan satu klinik anggarannya Rp 3 Miliar. Klinik UKM tersebut menurut Indra berfungsi untuk bagi para UKM untuk melakukan konsultasi jika ada masalah dalam usahanya, melalui klinik ini bisa diberi penjelasan oleh petugas yang telah disiapkan untuk memberi dan melakukan penyelesaian dari setiap persoalan yang dialami.

“Seperti untuk pengembangan usahanya, bagaimana mengurus sertifikat halal, dan lainnya. Di Klinik ini akan ditempatkan tenaga-tenaga profesional dibidangnya,” jelas Indra.

Disamping untuk tempat konsultasi, di Klinik tersebut juga akan ditampilkan berbagai produk UKM dari berbagai daerah, kecamatan, ataupun desa. “Ditempat itu bisa juga dilakukan proses jual beli,” pungkasnya.***(ris/ran)