kebakaran hutnaJakarta (SegmenNews.com)– Kabut asap yang menyelimuti Riau kini mulai berkurang dan kualitas udara mulai membaik. Titik-titik api juga berkurang. Terkait penindakan, sudah ada 44 kasus pembakaran lahan dan hutan yang tengah ditangani kepolisian.

“Satgas penegakan hukum telah menerima 44 kasus terkait pembakaran lahan dan hutan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkat, Selasa (19/3/2014) malam dilansir detik.com.

36 Kasus di antaranya telah masuk tahap penyidikan, dan baru 1 kasus yang telah diserahkan ke kejaksaan untuk dibawa ke pengadilan. Dari puluhan kasus ini, polisi telah menetapkan 66 orang menjadi tersangka.

“Total tersangka 66 orang dan 1 korporasi PT NSP,” kata

Selain kasus pembakaran lahan dan hutan, petugas juga menindaklanjuti kasus illegal logging yang terjadi di cagar biosfer Riau. Hingga saat ini penindakan masih terus dilakukan.

“Tim juga menindaklanjuti laporan di Teluk Meranti, menangkap 5 tersangka dan menyita 6 eskavator,” ujar Sutopo.***(den/dtc)