Ilustrasi Orang Sakit Jiwa (viva)
Ilustrasi Orang Sakit Jiwa (viva)

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Semangat untuk menjadi bagian dari wakil rakyat, boleh-boleh saja, namun para caleg harus mampu mengimbanginya dan harus mampu menerima kekalahan sekalipun. Sehingga tidak terjadi depresi berat yang mengakibatkan stres.

Untuk menangani Celeg Stres, Rumah sakit di berbagai Kota Indonesia saat ini telah menyediakan pelayanan dan kamar khusus bagi caleg stres. Salah satunya adalah Kota Pekanbaru, Rumah Sakit (RS) Jiwa Tampan, Pekanbaru, Riau, telah siap menampung caleg yang mengalami gangguan jiwa atau stres. Rumah sakit ini juga menyiapkan Unit Gawat Darurat (UGD).

Berikut daftar Rumah sakit yang menangani Caleg Stres dikutip dari laman vivanews.co.id:

1. Rumah Sakit (RS) Jiwa Tampan, Pekanbaru, Riau, juga siap menampung caleg yang mengalami gangguan jiwa atau stres. Rumah sakit ini juga menyiapkan Unit Gawat Darurat (UGD).

2. Rumah Sakit Penembahan Senopati (RSPS) Bantul, siap memberikan layanan konseling maupun medis terhadap para caleg yang stres. RSPS Bantul telah bekerjasama dengan RSJ Puri Nirmala dan RSJ Gracia.

3. Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya menyediakan ruang khusus. RSJ Menur telah bekerjasama dengan sejumlah puskesmas.

4. RSUD Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan 112 kamar untuk gangguan jiwa khususnya bagi para caleg. Sebanyak 10 kamar merupakan ruangan VIP yang dilengkapi dengan fasilitas nyaman.

5. RSUD Kota Banjar, Jawa Tengah, juga menyediakan ruang khusus untuk merawat caleg stres. Dua ruangan khusus untuk pasien yang depresi akut dan empat ruang pemulihan.

6. RSUD Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan dokter psikolog dan dokter jiwa untuk menangai caleg stres. Dokter akan siaga 24 jam.

7. Rumah Sakit Jiwa dokter Soeharto Herrdjan Grogol, Jakarta Barat, juga menyediakan kamar dan tenaga medis khusus untuk menangani caleg depresi akibat gagal terpilih.

8. Pemkot Balikpapan, Kalimantan Timur, menyiapkan posko untuk melayani calon anggota legislatif yang stres karena tidak terpilih. Jumlah caleg 2014 baik tingkat kota maupun tingkat provinsi sekitar 500-an orang.

9. Rumah Sakit Jiwa Ernaldi Bahar, Palembang, Sumatera Selatan, telah menyiapkan kamar khusus bagi caleg yang mengalami gangguan kejiwaan jika tidak terpilih.

10. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan Malang juga siap menangani para calon legislatif (Caleg) yang mengalami depresi atau stres.

11. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kartini Jepara, Jawa Tengah, telah menyiapkan belasan ruangan untuk menangani calon anggota legislatif (caleg) yang gagal dalam Pemilu 9 April.

12. Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Marzoeki Mahdi, Bogor, sudah menyiapkan lima ruang VIP untuk merawat calon anggota legislatif (caleg) yang mengalami gangguan kejiwaan. Mereka memiliki 470 tempat tidur khusus jiwa, 1.000 karyawan, 16 psikiater, dan 13 psikolog.***

Red: hasran