titik apiPekanbaru (SegmenNews.com)– Satelit Terra pada Minggu mendeteksi kemunculan 416 titik panas (titik api) di daratan Pulau Sumatera dan terbanyak di Provinsi Riau yakni 294 buah titik.

Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau kepada pers lewat surat elektroniknya, Senin (24/3/2014) menjelaskan, “hotspot” Riau sekitar 51 titik berada di berbagai kecamatan Kabupaten Bengkalis.

Kemudian 27 lainnya terdeteksi di sejumlah wilayah Kota Dumai meliputi Kecamatan Sungai sembilan, Dumai Barat, Bukit Kapur, dan Kecamatan Medang Kampai.

Selanjutnya, 36 titik panas berada di Kabupaten Indragiri Hulu masing-masing di Kecamatan Kuala Cenaku, gaung, Kemoas, Kerintang dan Pasir Penyu serta Kecamatan Rengat.

Di Kabupaten Kampar, Satelit Terra merekam ada sebanyak 19 “hotspot”, meliputi Kecamatan Tapung Hulu, Tapung, Koto Kampar, Kampar Kiri, Kampar Kiri Hilir, Kampar Kiri Tengah dan Gunung Sahilan.

Lima titik panas juga terekam berada di Kabupaten Kepulauan Meranti meliputi Kecamatan Merbau dan Tebing Tinggi Barat serta Tebing Tinggi Timur.

Sedangkan 13 “hotspot” lainnya berada di Kuantan Singingi meliputi Kecamatan Singingi, Kuantan Tengah, Pangean, Kuantan Mudik dan Singingi Hilir.

Kemudian 33 titik panas lainnya berada di Kabupaten Pelalawan, di antaranya berada di Kecamatan Teluk Meranti, Pangkalan Kerinci, Kecamatan Pelalawan, Bunut, dan Kecamatan Langgam, Pangkalan Kuras, Kerumutan serta Kecamatan Pangkalan Lesung dan juga Kecamatan Ukui.***

Red: Sondri
sumber: antara