kebakaran hutan (ilustrasi)
kebakaran hutan (ilustrasi)

Siak (SegmenNews.com)- Lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak di Desa Kampung Baru, Kecamatan Dayun ikut terbakar seluas 40 hektare (ha). Akibat kabut asap yang ditimbulkan pembakaran itu terpaksa tiga kepala keluarga berjumlah 11 jiwa di evakuasi.

Masyarakat itu di evakuasi oleh Satuan Petugas (Satgas) Karhutla dan Damkar Siak saat melakukan pemadaman, Senin (24/3/14).

“Ya, kebakaran terjadi dilahan Pemkab yang di Kecamatan Dayun. Dan kita sempat mengevakuasi warga yang ada disekitar lokasi,” sampai Kabid Damkar Irwan Priyatna.

Disebabkan angin kencang dan cuaca panas, sehingga tim pemadam api mengalami kesulitas. Api juga dengan mudah melebar karena lahan cuaca panas dan angin kencang itu.

“Kita sedikit kesulitan untuk memadamkan api, karena cuaca panas dan angin kencang yang dapat menambah besar api,” ungkap Irwan.

Selain milik pemda Siak, kebakaran lahan juga di beberapa titik di kecamatan se-Kabupaten Siak diantaranya yakni Dusun Pusako Kecamatan Pusako, Desa Kayu Aro Permai dan Desa Menkapan Kecamatan Sungai Apit, Desa Lanjung Kecamatan Siak, Desa Tambak Rejo Kecamatan Menpura, Desa Maredan Barat Kecamatan Tualang, dan Desa Rantau Panjang Kecamatan Kotogasib.

Tim pemdama kesulitan menjangkau lokasi kebakaran, karena wilayah kebekaran sangat jauh ditambah lagi peralatan yang mereka miliki masih minim.***(rinto)