kpu riauPekanbaru (SegmenNews.com)- Komisi Pemilihan umum (KPU) Provinsi Riau melalui devisi sosialisasi akan melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif hari ini, Selasa (25/3/14) di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan (LP) Sialang Bungkuk.

“Ini salah satu upaya kita untuk meningkatkan partisipasi memilih pada tanggal 9 April mendatang,” jelas Anggota KPU Riau Devisi Sosialisasi, Sri Rukmini kepada wartawan .

Menurutnya dilapangan ini terdapat banyak masyarakat binaan. Misalnya saja di Rutan Sialang Buknguk yang terletak di Kulim, Kecamatan Tenayan Raya terdapat 700 penghuni, di Lapas Kelas II A Pekanbaru terdapat 1000 lebih penguni dan Lapas Kelas II B (anak-anak dan Perempuan) terdapat ratusan penghuni.

“Bukan saja di Lapas dan Rutan kita juga sudah banyak melakukan sosialisasi baik itu untuk pemilih pemula, komunitas, kemudian di Universitas, mall dan beberapa tempat lainya,” lanjutnya.

KPU Riau sendiri memiliki target angka partisipasi pemilih untuk Pemilu Legislatif 2014 ini sekitar 75 persen. “Target nasional itu 75 persen tentu saja kita di daerah juga menopang target 75 persen ini untuk partisipasi pemilih,” katanya.

Menurutnya dalam sosialisasi nantinya masyarakat binaan akan diajak agar tidak melakukan golongan putih (golput).”Golput ini bukan merupakan pilihan. Tentu saja kita akan mengajak mereka untuk menentukan dan turut berpartisipasi memilih,” lanjutnya.

Menurutnya memilih merupakan salah satu bentuk implementasi dari salah satu ciri demokrasi, dimana rakyat secara langsung dilibatkan dalam menentukan arah dan kebijakan politik negara.***(chir)