net
net

Jakarta (SegmenNews.com)– Facebook membuka kantor perwakilannya di Indonesia. Pada Kamis malam (20/3/2014), Facebook telah menggelar acara peluncuran ‘Facebook Open For Business’. Ini merupakan bukti komitmen jangka panjang Facebook untuk melayani masyarakat Indonesia.

Alasan Facebook membuka kantor adalah karena Indonesia merupakan pasar keempat terbesar Facebook. Jadi tak heran jika situs jejaring sosial Facebook ingin serius menggarap bisnis di Tanah Air.

Simak petikan wawancara kami dengan Anand Tilak, Head of Facebook Indonesia terkait pembukaan kantor Facebook di Jakarta.

***

Kapan tepatnya Facebook membuka kantor di Indonesia? Dan dimana?

Facebook secara resmi sudah mengumumkan kehadirannya di Jakarta, pada tanggal 20 Maret 2014 lalu. Kantor kami di Jakarta saat ini terletak di pusat distrik bisnis di Jakarta, yaitu di kawasan SCBD.

Apa alasan Facebook membuka kantor di sini?

Pasar Indonesia merupakan prioritas bagi kami di Asia Pasifik. Dengan lebih dari 250 juta orang di Indonesia, kami melihat begitu banyak peluang bagi rakyat Indonesia untuk terhubung melalui Facebook dan internet pada umumnya.

Misi kami sebagai perusahaan adalah memberikan kemampuan kepada orang untuk berbagi serta memastikan dunia menjadi lebih terbuka dan terhubung. Kehadiran tim kami di Indonesia akan memungkinkan kami untuk lebih giat bekerja demi mewujudkan komitmen kami dalam membantu bisnis serta pengguna pada umumnya agar bisa terhubung dengan teman-teman, keluarga serta komunitas.

Selain itu tentunya memberikan kesempatan untuk terhubung dengan dunia internasional, bukan hanya di Indonesia.

Rencana Facebook untuk membuka kantor di Indonesia tentu ada tujuan bisnisnya. Kira-kira segmen pasar yang ingin dibidik Facebook siapa saja di Indonesia?

Sebagai sebuah perusahaan yang fokus pada pengembangan layanan mobile, kami melihat peluang besar dalam memberikan layanan mobile terbaik bagi masyarakat Indonesia. Facebook memiliki kemampuan untuk memberikan layanan mobile terbaik yang bersifat personal.

Kedua, Facebook merupakan platform pemasaran yang bisa memberikan pengalaman yang bersifat personal bagi konsumen, baik untuk brand besar maupun kecil.

Ada berapa orang karyawan Facebook di Indonesia? Apakah semua dari Indonesia atau ada dari luar juga?

Kami belum bisa menyampaikan angka spesifik per negara berkaitan dengan itu.

Berapa besar investasi yang telah dikeluarkan Facebook untuk membuka kantor di Indonesia?

Kami ada di sini untuk jangka panjang. Kami hadir di Indonesia dengan tujuan membantu orang dan bisnis untuk memahami dan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari platform Facebook.

***

Anand Tilak adalah Head of Facebook di Indonesia. Dalam posisinya ini, ia bertanggung jawab membangun kerjasama dengan agensi serta sejumlah klien kunci di negara bersangkutan agar membantu mereka memahami lebih baik kelebihan beriklan menggunakan platform Facebook.

Sebelum bergabung dengan Facebook, ia menghabiskan beberapa tahun di perusahaan lain seperti Yahoo dan Google. Ia membantu membangun jaringan re-seller dari Yahoo! pada pasar di luar Singapura dan juga menangani sejumlah klien kunci di kawasan ini.

Pada tahun 2007, ia bergabung dengan Google untuk membangun integrasi bisnis vertikal Google seperti Travel, Finance dan Auto.
Red: Sondri
sumber: liputan6