Pelaksanaan IBI KB-Kes Riau di Kabupaten Siak
Pelaksanaan IBI KB-Kes Riau di Kabupaten Siak

Siak (SegmenNews.com)- Ketua Ikatan Bidan Indonesia Pengurus Daerah Riau, Kasmarni Mkes menghimbau kepada bidan di Riau selalu meng update ilmu kesehatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya, anggaran pelatihan IBI yang dialokasikan sangat terbatas, tidak bisa menjangkau seluruh.

“Anggaran terbatas, Bidan harus selalau Update ilmu kesehatan di acara IBI KB-Kes,” papar Kasmarni, Kamis (27/3/14) di acara pembukaan IBI KB-Kes tingkat Riau di Kabupaten Siak.

Katanya lagi, dikesempatan acara IBI KB-Kes di Siak merupakan program melayani KB kesehatan pada setiap tahun, dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, menurunkan angka kematian ibu dan anak ini. Para bidan bisa menggali ilmu kesehatan lagi

“Provinsi Riau saat ini memiliki 10 Ribu bidan, di kabupaten Siak memiliki 425 orang yang tergabung dalam II. Diacara ini mereka bisa menambah ilmu ataupun mengikuti seminar, pelatihan IUD dan Implan. Guna meningkatkan kompetensi bidan di Kabupaten Siak,” imbuhnya

Setiap kabupaten/kota melaksanakan bulan bakti IBI dan KB kes serentak di Kabupaten Kota, sejak bulan Maret sampai Mei. Seluruh kegiatan dilaporkan kepada IBI Riau. Pada bulan Mei dan selanjutnya akan dilakukan evaluasi kepada setiap cabang guna mengetahui pencapaian kegiatan.

Untuk Itu ia meminta kepada Kabupaten/kota pro aktif mengerakkan KB-Kes, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Riau, terutama dalam rangkan menvapai, MDGs 2015.***(rinto/hms)