Drs H Marwan Ibrahim
Drs H Marwan Ibrahim

Pelalawan (SegmenNews.com)- Wakil Bupati Pelalawan Drs H Marwan Ibrahim meninjau pelaksanaan ujian akhir sekolah berstandart nasional (UASBN) dihari pertama pelaksanaan di SMPN Bernas, Pangkalan Kerinci, Selasa (1/4/14).

Siswa SMPN Bernas yang mengikuti UASBN sebanyak 113 siswa, yang terbagi menjadi 6 ruangan. Para siswa bersemangat untuk menjawab pertanyaan dilembar pertanyaan yang telah dibagikan.

Pengawasan ujian yang dilakukan oleh pihak guru sangat ketat, siswa tidak bisa melirik keteman sebelah. Ujian berjalan dengan tenang dan lancar. Ujian akan berlangsung selama seminggu nantinya.

Wabup mengatakan, tinjauan pagi memastikan pelaksanaan ujian UASBN tingkat SMP se Kabupaten Pelalawan. Dia berharap tidak ada kendala yang berarti dalam ujian. Sehingga para siswa SMP bisa meraih nilai tertinggi tingkat Propinsi maupun Nasional nantinya.

Bagi pengawas, Marwan meminta agar memberi pengawasan yang baik selama ujian berlangsung dan meminta para pengajar dan pemangku kepentingan lainnya dalam dunia pendidikan terus membimbing para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih lanjut guna menjalankan program wajib belajar sembilan tahun.

“Alhamdulillah, di hari pertama ini, tak ada kendala yang terjadi. Artinya, semua soal-soal lancar begitu juga dengan lembar jawabannya. Untuk pelaksanaan UN tingkat SMP ini, tak ada kita dapati permasalahan-permasalahan yang krusial,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan, MD Rizal mengatakan, untuk soal UASBN pihak Disdik Pelalawan yang membuat, namun untuk kisi-kisinya tetap dari pusat. “Kisi-kisi dari pusat, namun soal kita yang membuat,” ungkapnya.

“Saat ini semua siswa yang ada di 12 kecamatan sudah siap untuk menghadapi UASBN. Berbagai kegiatan pemantapan belajar dan uji coba ujian telah dilaksanakan di sekolah,” jelasnya.

Lanjutnya, pemantapan belajar merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan nilai prestasi siswa. Tetap menargetkan tingkat kelulusan UASBN tahun ajaran 2013-2014 bisa mencapai 100 persen.***(fin)