Petugas BNNK Pekanbaru mengumpulkan urine semua anggota Polresta Pekanbaru untuk diperiksa (foto tribun)
Petugas BNNK Pekanbaru mengumpulkan urine semua anggota Polresta Pekanbaru untuk diperiksa (foto tribun)

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Keterlibatan oknum polisi dalan penyalahgunaan narkoba terungkap sudah. Selasa (1/4/2014) pagi, sebanyak lima oknum polisi yang menjalani pemeriksaan urine di Mapolresta Pekanbaru, dinyatakan positif narkoba. Bahkan, kelima oknum tersebut, langsung diamankan oleh pihak Propam Polresta Pekanbaru.

Hal ini, diungkapkan Waka Polresta Pekanbaru, AKBP Sugeng Putut Wicaksono kepada Tribunpekanbaru.com usai memantau pengambilan urine semua personil di lingkungan Mapolresta Pekanbaru. Kelima oknum polisi itu, kata Putut, akan segera menjalani pemeriksaan di Propam Polresta Pekanbaru.

“Selama menjalani pemeriksaan, kelima oknum tersebut juga menjalani proses pembinaan di Mapolresta Pekanbaru. Setelah proses pemeriksaannya selesai, kelima oknum itu langsung menjalani sidang disiplin,” ujarnya Putut.

Untuk sanksinya, lanjut putut, bermacam-macam. Ada yang menjalani kurungan selama 21 hari, ada juga yang demosi dan mutasi.

“Kalau untuk dipecat, kemungkinan tidak ada. Pemecatan dilakukan melalui Komisi Kode Etik Polri. Dan itu, hanya untuk oknum polisi yang sudah lebih tiga kali terbukti melakukan penyalahgunaan narkoba,” bebernya.

Tes urine narkoba ini, tambahnya, diikuti 565 personil Polri yang terdiri dari periwa dan bintara. Namun, untuk hari ini, yang baru mengikuti tes urine, hanya 480 orang. Sisanya, menyusul dalam waktu dekat ini, karena sedang ada tugas.
“Kemungkinan, besok pagi, semuanyua sudah klir,” tutur Putut.***

Red: Son
sumber: pekanbaru.tribunnews.com