Bangunan rumah warga masuk tanah sekolah
Bangunan rumah warga masuk tanah sekolah

Pangkalan Kerinci (SegmenNews.com)- Tanah sekolah SMAN Bernas di Jalan Abdul Jalil, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan merupakan aset Pemda diduga telah diserobot warga. Bahkan, Warga membangun dapur masuk ke dalam tanah pekarangan sekolah hingga kawat pembatas rusak.

Wakil Bupati (Wabup) Pelalawan Drs H Marwan Ibrahim yang mendapat laporan dari Kepala Sekolah SMAN Bernas Syamsuar didampingi Kadisdik Pelalawan MD Rizal MP turun mengecek ke lahan tersebut, Selasa (1/4/14).

“Dulunya ini lahan bakti Praja dan telah di hibahkan untuk pembangunan sekolah Bernas seluas 3 hektar. Tapi sekarang malah ada bangunan rumah warga, jadi kita akan cek dulu tapas batasnya,” ujar Wabup.

Kedatangan Wabup bersama rombongan itu sebelumnya untuk melihat pelaksanan UASBN di SMPN Bernas, setelah itu menijau bangunan SMAN Bernas yang letaknya bersebalahan. Tapi setibanya di halaman SMAN Bernas, dibibir pagar ditemukan pipa paralon besar menemper di tembok banah.

“Pipa saluran pembuangan air rumah warga ke parit juga masuk ke halaman sekolah, selain bangunan rumah telah menengenai tahan sekolah. Kita sudah laporkan ke pihak RT setempat, secara lisan tapi tidak ada tanggapan, dan mereka tetap membangun,” kata Kepsek SMAN Bernas.

Maka kondisi dugaan penyerobotan lahan sekolah itu tidak disia-siakan oleh Kepsek untuk di sampaikan kepada Wabup dan Kadisdik mengenai kondisi tersebut. Hingga pembatas yang dibaut pagar kawat mengelilingi sekolah rusak akibat terkena bagunan dapur rumah warga yang permanen.

“Jadi nanti kita bandingkan surat tanah sekolah yang merupakan aset Pemda dengan warga. Karena mereka membangun sudah pasti ada dasar surat tanahnya,” ulas Marwan.***(fin)