Bupati Achmad bersalaman dengan masyarakat
Bupati Achmad bersalaman dengan masyarakat

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu terutama bagi masyarakat miskin dalam program Beras Miskin (Raskin) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang terjangkau terus bergulir.

Bahkan dikatakan Bupati, masyarakat yang masuk dalam penerimaan RTS-PM beras raskin tak perlu repot mengambilnya di Kantor Desa. Pemerintah memberikan kemudahan, masyarakat sasaran hanya menunggu dirumah, beras akan diantarkan langsung oleh Pengurus Desa setempat.

“Masyarakat yang akan membeli beras miskin dengan harga Rp 16.000, mereka tak harus menjemput di Kantor Kepala Desa masing-masing, tapi di Rohul pemerintah desa cukup proaktif, pengurus desa langsung mengatar ke masyarakat,” sampai Bupati.

Lanjutnya, Raskin 244,14 ton perbulan diberikan dan disalurkan bagi 16276 warga miskin di Rohul. Warga miskin atau Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) akan mendapat sebanyak 15 Kg perbulannya.

Namun, untuk mendapatkan raskin akan melalui seleksi, agar tepat sasaran. Sebab kata Bupati, Pemda diberi kewenangan oleh Kementrian Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra) RI untuk itu.

Selain itu sampai Bupati lagi, pemerintah juga memiliki program KUR dengan bungan hanya sebesar 4 persen, yang bertujuan untuk membantu masyarakat berekonomi lemah, sehingga usaha-usaha mereka dan pendapatannya bisa ditingkatkan.

“Masyarakat bisa mengajukan ke bank-bank milik pemerintah, jika nanti memiliki kebun Kelapa Sawit dan kebun karet hendak mau diremajakan, bianya akan ditanggulangi bank pemerintah sampai berhasil, bahkan samapi 7 tahun akan diberi modal untuk pengelolaannya,” papar Bupati Rohul.***(adv/hum/r4n)