Hadimiharja
Hadimiharja

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Dinas Pendidikan Riau menjadwalkan pada 7 April mendatang, soal Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat mulai di distribusikan ke Kabupaten dan Kota.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Riau Hadimiharja, pendistribusian dilakukan tanggal 7 April itu dikarenakan pada 9 April Pemilu Legislatif (Pileg).

“Kita berharap tanggal 8 April sudah sampai ke Kabupaten/Kota, terutama untuk daerah seperti Kepulauan Meranti, Bengkalis, Indragiri Hilir, karena daerah-daerah ini banyak wilayahnya yang terpencil,” jelas Hadimiharja, Rabu (2/4/14) di Pekanbaru.

Hadi menjelaskan, pendistribusian soal itu nantinya akan dikawal oleh pihak keamanan, sehingga diharapkan persoalan terjadinya kebocoran soal tidak akan ada lagi.

Dia juga menegaskan bahwa setiap tahunnya pada pelaksanaan UN ini selalu saja ada yang mengaku memiliki kunci jawaban, merupakan sesuatu yang tidak masuk akal dan tidak pantas dipercaya.

“Karena pengawasan terhadap soal UN itu cukup ketat, mulai dari kita distribusikan ke Kabupaten/Kota, dari Kabupaten dan Kota ke masing-masing sekolah juga mendapat pengawalan, jadi sekali lagi jangan mudah percaya dengan adanya keberadaan kunci jawaban,” tegasnya.

UN SMA sederajat ini akan dilaksanakan pada 14-16 April mendatang, sementara untuk ujian susulan dilaskanakan 22-24 April, dengan jumlah peserta 50.899 peserta tingkat SMA dan untuk dan SMK sebanyak 21.417 peserta.***(ris)