Beruang
Beruang

Dumai (SegmenNews.com) – Warga komplek perumahan karyawan PT Pertamina Unit Pengolahan II Dumai yang berada di Kecamatan Dumai Selatan dikejutkan dengan penampakan seekor beruang liar dan diperkirakan dewasa.

Roni, warga setempat, menyebut hewan yang memiliki nama latin Helarctos Malayanus dan berwarna hitam tersebut pertama kali dilihat warga pada Senin 31 Maret 2014 sekira pukul 22.00 WIB di sekitar kawasan terbuka setempat.

“Petugas keamanan dibantu dengan warga komplek langsung panik dan ramai-ramai mengejar hewan tersebut. Namun sayangnya beruang itu kabur ke kawasan hutan wisata sekitar perumahan,” ujarnya, Kamis (3/4/2014).

Kendati demikian, lanjutnya, upaya pengejaran terhadap beruang tersebut terus dilakukan warga hingga menjelang waktu Shubuh atau Selasa (1/4/2014) dinihari. Namun tetap tidak ditemukan karena sudah memasuki kawasan hutan lindung.

“Kemunculan hewan itu tentu saja membuat warga khawatir dan resah. Karena jarang sekali ada hal seperti ini. Mudah-mudahan beruang ini tidak lagi mendatangi lingkungan rumah masyarakat,” harapnya.

Kepala Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Resor Dumai Feri Somba Harahap mengatakan berdasarkan laporan yang diterima dari warga setempat, beruang dewasa itu ditemukan di sekitar lapangan golf komplek perumahan Pertamina.

“Kemudian beruang itu lari dan memasuki kawasan hutan lindung. Sejauh ini tidak menyebabkan jatuh korban jiwa, walau saat itu langsung dikejar dan hewan tersebut kembali ke hutan,” ucapnya.

Hewan yang dilindungi dengan tinggi badan mencapai satu meter, menurut dia, juga dilaporkan merupakan jenis beruang dewasa. Kemungkinan besar keluar dari habitatnya karena kondisi iklim kemarau serta kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Kita tidak akan mencari hewan itu ke dalam hutan karena itu merupakan habitatnya. Namun warga diharapkan untuk terus waspada dan memantau lingkungan supaya beruang itu tidak memasuki pemukiman lagi,” terangnya.***

Red: Sondri
Sumber : okezone